Pendidikan adalah sebuah seni untuk membuat manusia menjadi berperilaku etis.
~ Georg Wilhelm Friedrich Hegel ~
 Pendahuluan
Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi kita sehari-hari sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah. Sering sekali nantinya kita akan dihadapkan pada situasi yang membutuhkan kebijaksanaan dalam menyikapinya. Situasi yang dimaksud adalah situasi dimana adanya pergeseran nilai dari nilai-nilai kebajikan yang diterapkan di sekolah berbentuk pelanggaran peraturan dan sikap yang tidak sesuai norma sopan santun.Â
Situasi semacam ini kita sebut dengan kasus. Pelaku "kasus" inipun bisa bermacam-macam, mulai dari murid, rekan sejawat kita sebagai guru, pegawai dan seluruh warga sekolah dan tidak tertutup kemungkinan adalah pimpinan kita sendiri.
Tentu akan muncul berbagai macam respon dari kasus yang terjadi di sekolah. Bisa jadi ada yang merespon secara positif dan memberikan penyelesaian yang berbasis pada aturan yang telah disepakati bersama. Ada juga yang hanya sekedar prihatin atau simpati tanpa menghadirkan solusi terhadap masalah/kasus yang terjadi. Dan tidak jarang pula yang meresponnya dengan negatif, atau malah memperbesar masalahnya atau menimbulkan masalah baru.Â
Di sinilah tugas dan kebijaksanaan kita sebagai Guru Penggerak diuji. Apakah kita bisa menyelesaikan kasus yang terjadi tersebut secara arif dan bijaksana ? Atau sejauh mana lingkaran pengaruh kita sebagai Guru Penggerak dalam menerapkan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab terhadap kasus yang terjadi ?
Modul 3.1. dalam PGP ini mencoba untuk membekali kita tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin. Modul yang merupakan salah satu rangkaian modul yang dipelajari dalam Pendidikan Guru Penggerak ini terkait dengan berbagai konsep-konsep praktis yang akan menjadi dasar dalam mengambil keputusan yang bertanggung jawab dan teruji.Â