PT. Telekomunikasi Indonesia atau biasa dikenal dengan Telkom tentu sudah familiar di telinga masyarakat Indonesia. Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi ini telah berdiri sejak lama, sehingga tidak heran jika mereka telah menerapkan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) dari perusahaan BUMN. Apa sih sebenarnya progam CSR itu? Corporate Social Responsibility atau mudahnya disebut CSR merupakan bentuk komitmen dari perseroan untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan berkelanjutan dengan tujuan untuk menciptakan kehidupan yang berkualitas bagi perseroan maupun masyarakat luas. Berkaca pada prinsip CSR sendiri yaitu sustainability (berkelanjutan), accountability (akuntabilitas), dan transparency (transparan). Artinya, setiap perusahaan yang akan atau sudah menjalankan program CSR harus bersifat berkelanjutan bagi masyarakat penerima.
Dalam pelaksanaannya, Telkom Regional 5 tentu memiliki berbagai pertimbangan mulai dari program-program pada aspek ekonomi, sosial, lingkungan, pendidikan, serta berapa poin SDGs yang bisa dicapai dari adanya pelaksaanaan program CSR Telkom Regional 5. Telkom Regional 5 sangat memperhatikan apa yang dibutuhkan masyarakat yang di bawah naungannya. Kebetulan Telkom Regional 5 sendiri menaungi tiga wilayah yaitu Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara. Dalam hal itu, perusahaan melihat berbagai potensi, kondisi, serta permasalahan yang ada di tiga wilayah tersebut. Langsung saja mari kita bahas program CSR apa saja yang telah dilaksanakan oleh Telkom Indonesia Divisi Regional 5.
Apa sih Program CSR Telkom Indonesia Divisi Regional 5 ?
Pertama, Telkom Regional 5 memiliki program CSR di bidang Bina Lingkungan yang mana pada program ini terdapat beberapa kegiatan di antaranya kegiatan penghijauan, penyehatan pantai, pengolahan dan pengelolaan sampah, serta penyediaan air bersih. Pada program penyediaan air bersih, sasaran utama dari perusahaan sendiri adalah wilayah-wilayah yang tergolong minim air bersih seperti NTB. Upaya yang dilakukan Telkom Regional 5 yaitu menyediakan air bersih melalui kerja sama dengan LSM yang menaungi hal tersebut. Kedua, Telkom Regional 5 tidak hanya berkutat pada program Bina Lingkungan saja, mereka memiliki program CSR yang bergerak pada bidang ekonomi masyarakat. Pada program ini, Telkom Regional 5 melakukan kegiatan pemfasilitasian produk UMKM guna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.Â
Berbicara pada program CSR yang ketiga, Telkom Regional 5 tentu sangat memperhatikan sistem pendidikan di Indonesia yang dimana bisa kita lihat bahwa pendidikan di Indonesia ini belum 100% merata. Oleh karena itu, Telkom Regional 5 memiliki program pendidikan berupa pemberian sarana pendidikan seperti komputer/laptop, jaringan, dan aplikasi yang dikenal dengan DNA (Device Network Application). Adapun sasaran dari program ini adalah siswa-siswi SMP dan SMA, mengapa demikian? Mengingat pada jenjang TK dan SD belum maksimal dalam penggunaan komputer dan internet. Daerah-daerah yang termasuk 3T (terluar, terpencil, tertinggal) menjadi prioritas utama pada program pendidikan dari Telkom ini sendiri. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir adanya kesenjangan sosial di kota dengan daerah tertinggal.Â
Keempat, program kesehatan yang dilakukan dengan adanya kegiatan pencegahan stunting. Serta yang kelima, program yang memang ditujukan pada bidang infrastruktur yaitu membantu pembuatan paving di Jember untuk mempermudah akses jalan. Tak hanya itu, Telkom Regional 5 juga memiliki program yang bersifat SDGs (berkelajutan) yaitu program pembentukan desa wisata. Pada program ini Telkom Regional 5 melakukan pembentukan desa wisata di Desa Buang, Bali. Karena pada dasarnya di Desa Buang memiliki potensi sumber air dan dapat dikembangkan menjadi tempat wisata. Perusahaan membantu dalam hal penguatan masyarakat lokal serta pengolahan sampah agar kualitas kesehatan di sana tetap terjaga.
Jika melihat dari berbagai program CSR yang dilakukan oleh Telkom Regional 5 terhadap masyarakat, sangat mengoptimalisasi kinerja perusahaan dalam mewujudkan pembangunan ekonomi yang bersinergi serta efek dalam jangka panjang terhadap masyarakat luas. Pemaparan di atas menunjukkan bahwa pentingnya bagi sebuah perusahaan untuk menerapkan program tanggung jawab sosial terhadap masyarakat luas. Dengan adanya penerapan program CSR, perusahaan akan selangkah lebih dekat dengan masyarakat. Tanpa kita sadari, kita merupakan insan penikmat dari adanya perusahaan Telkom yaitu dengan mudahnya kita dalam berkomunikasi serta akses internet tanpa batas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H