Mohon tunggu...
Helmi muazzam Yasmara
Helmi muazzam Yasmara Mohon Tunggu... Mahasiswa - IAIN PALANGKA RAYA

saya adalah mahasiswa di IAIN Palangka Raya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penentuan Harga Pokok Produksi pada Usaha Roti Gambung M. Yusuf Menggunakan Metode Penetapan Harga Jual (Cost Plus Pricing Method)

27 Mei 2024   01:02 Diperbarui: 27 Mei 2024   01:12 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Roti Gambung Panas M.Yusuf (Dokpri)

Nama Kelompok : HELMI MUAZZAM YASMARA  (2214140038)

                                      ZURIATI NAJWA                             (2214140006)

                                      SRI HERTUTI                                   (2214140046)

  • Pengertian Harga Pokok Produksi

        Harga Pokok Produksi (HPP) adalah total biaya yang dikeluarkan oleh Perusahaan untuk memproduksi barang atau jasa sebelum dijual kepada konsumen. HPP mencakup semua biaya yang berkaitan dengan produksi, seperti bahan baku, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik. Menghitung HPP secara akurat sangat penting karena membantu perusahaan menetapkan harga jual yang tepat untuk memastikan keuntungan.

  • Metode Penetapan Harga Jual (Cost Plus Pricing method)

        Metode penetapan harga jual adalah berbagai cara atau strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk menentukan harga jual produk atau jasa mereka. Penetapan harga yang tepat sangat penting karena harga jual akan mempengaruhi daya saing, margin keuntungan, dan persepsi konsumen terhadap produk atau jasa tersebut.

        Metode penetapan harga jual dengan pendekatan Cost-Plus Pricing adalah sebuah teknik di mana perusahaan menentukan harga jual produk atau jasa dengan menambahkan margin keuntungan yang diinginkan (markup) pada total biaya produksi. Ini adalah salah satu metode penetapan harga yang paling sederhana dan umum digunakan.

Perhitungan usaha roti gambung M.Yusuf ini menggunakan Metode Penetapan Harga Jual (Cost Plus Pricing method)

         Usaha roti gambung merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan di industri kuliner Indonesia. Roti gambung, dengan cita rasanya yang khas dan teksturnya yang lembut, berhasil menarik perhatian berbagai kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahan baku yang digunakan seperti tepung terigu, gula, mentega, dan ragi mudah didapat dan tidak terlalu mahal, sehingga produksi roti gambung bisa dilakukan dengan biaya yang relatif rendah. Selain itu, inovasi dalam variasi rasa dan bentuk roti dapat menambah daya tarik produk dan menjangkau lebih banyak konsumen.

        Seperti usaha roti gambung m. yusuf yang berada dijalan cristopel mihing kota palangka raya Kalimantan tengah. Roti gambung m.yusuf setiap harinya memproduksi 45 buah roti dengan 9 rasa ( Original, kacang, coklat, keju, strawberry, durian, nanas, kelapa, srikaya ) yang masing masing rasanya dibuat 5 roti. Roti gambung m. yusuf tidak membeda bedakan harga berdasarkan rasa, semua rasa dijual dengan harga yang sama yaitu Rp 10.000.

        Dari segi perhitungan pendapatan, di asumsikan satu unit roti gambung dijual dengan harga Rp 10.000. Jika dalam sehari mampu menjual 45 roti, maka pendapatan harian adalah Rp 450.000 Dalam sebulan (30 hari), pendapatan kotor bisa mencapai Rp 13.500.000 Biaya produksi roti gambung per bulan mencapai  Rp. 9.765.000 Jadi, dalam sebulan Roti gambung m. yusuf mampu mendapatkan keuntungan bersih sebensar Rp. 3.735.000.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun