Mohon tunggu...
Helmi Al Hafid Fauzi
Helmi Al Hafid Fauzi Mohon Tunggu... Operator - Tenaga Kependidikan STAI Darul Falah

I am Helmi, I studied at the Faculty of Applied Sciences, Telkom University in 2013 and then completed my Bachelor of Communication Studies at Sangga Buana University, YPKP, Bandung in 2021. I once worked as a graphic editor at the Eka Karya Mandiri printing house in Batujajar-Bandung Barat, works as a substitute teacher for arts and culture subjects at MTs. Arrukhshatul'ulum, then worked as Madrasa Data Operator and Public Relations Staff at MTs. Arrukhshatul'ulum, working as a piano tutor for several months, was part of the Angklung Rumawat team of coaches who taught at SMP Santo Yusup Bandung, Cibabat Hospital and Bandung Customs.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan: Fenomena Bully di Sekolah

4 Juli 2024   16:23 Diperbarui: 5 Juli 2024   11:24 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Fenomena bullying di lingkungan sekolah merupakan isu serius yang berdampak besar pada kesehatan mental dan fisik siswa. Bullying, yang melibatkan perilaku agresif berulang dengan tujuan menyakiti atau mengintimidasi korban, dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk fisi, verbal, dan cyberbullying. Artikel ini akan membahas fenomena bullying di sekolah, pentingnya pengwasan, serta evaluasi pendidikan sebagai upaya untuk mengatasi masalah ini.

Bentuk dan Dampak Bullying

  • Bullying dapat terjadi dalam beberapa bentuk, antara lain:
  • Fisik. Memukul, menendang, atau tindakan fisik lainnya yang menyakitkan.
  • Verbal. Mengejek, mengolok-olok, atau menyebarkan rumor yang merugikan.
  • Sosial. Mengucilkan, atau mempermalukan seseorang di depan umum.
  • Cyberbullying. Menggunakan teknologi seperti media sosial untuk menyakiti orang lain.

Dampak bullying sangat serius yakni mencakup:

  • Kesehatan mental. Stres, kecemasan, depresi, hingga pemikiran atau tindakan bunuh diri.
  • Kesehatan fisik. Cedera fisik dan gangguan kesehatan lainnya.
  • Prestasi akademik. Penurunan prestasi akademik dan kehadiran di sekolah.

Pengawasan di Lingkungan Sekolah

Pengawasan yang efektif di sekolah sangat penting untuk mencegah dan menangani bullying. Beberapa langkah pengawasan yang bisa dilakukan meliputi:

  • Pelatihan Guru dan Staf. Guru dan staf sekolah harus mendapatkan pelatihan tentang cara mengenali tanda-tanda bullying dan cara menanganinya. Menurut Olweus, seorang peneliti terkenal dalam bidang bullying, pelatihan yang tepat dapat mengurangi insiden bullying secara signifikan (Olweus, 1993).
  • Pengawasan di Tempat Umum. Area seperti kantin, koridor, dan halaman sekolah yang sering menjadi tempat terjadinya bullying. Pengawasan lebih ketat di area ini dapat membatu mengurangi insiden bullying.
  • Kebijakan Anti-Bullying. Sekolah harus memiliki kebijakan anti-bullying yang jelas dan tegas. Kebijakan ini harus mencakup definisi  bullying, prosedur pelaporan, dan konsekuensi bagi pelaku bullying.

Evaluasi Pendidikan

Evaluasi pendidikan adalah proses penting dalam menilai efektivitas kebijakan dan program anti-bullying. Evaluasi ini mencakup:

  • Penilaian Kebutuhan. Melakukan survei atau kuisioner kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana bullying terjadi dan jenis intervensi yang mereka butuhkan.
  • Pemantauan dan Pelaporan. Memastikan bahwa semua insiden bullying dilaporkan dan ditindaklanjuti dengan tepat. Data dari laporan ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi tren dan area yang memerlukan perhatian lebih.
  • Penilaian Efektivitas Program. Mengukur sejauh mana program anti-bullying yang diterapkan berhasil mengurangi insiden bullying. Ini bisa dilakukan melalui survei berulang dan wawancara dengan siswa dan staf atau guru.
  • Umpan Balik dan Penyesuaian. Menggunakan hasil evaluasi untuk memberikan umpan balik kepada program yang ada dan melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas.

Bullying di lingkungan sekolah adalah masalah serius yang memerlukan perhatian khusus. Pengawasan yang efektif dan evaluasi pendidikan yang berkelanjutan adalah kunci dalam mengatasi fenomena ini. Dengan melibatkan seluruh komunitas, guru, staf dan siswa, serta orang tua, dalam upaya ini kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif bagi semua siswa.

Refenrensi: 

Olweus, D. (1993) . Bullying at School: What We Know and What We Can Do. Blackwell Publishers.
Rigby, K (203). Bullying in School and What to Do about It. ACER Press.
Kompas.com. (2021). "Bullying di Sekolah: Sebab dan Dampaknya pada Siswa"
BBC Indonesia. (2019). "Bullying di Sekolah: Langkah Apa yang Harus Diambil?".

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun