Mohon tunggu...
Helma Shintia
Helma Shintia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Love your self

Achieve your Dreams

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Pengedukasian Pemanfaatan Sosial Media sebagai Sarana Pemasaran Online

6 Februari 2022   12:28 Diperbarui: 6 Februari 2022   12:30 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kampus Universitas Pendidikan Indonesia kembali mengadakan suatu program Kuliah Kerja Nyata (KKN) kepada mahasiswanya yang dimulai pada 8 Januari 2022 sampai dengan 8 Februari 2022. Program KKN ini masih dilakukan secara daring atau dalam jaringan dan dianjurkan untuk dilaksanakan sesuai domisili mahasiswanya. Hal ini guna untuk menghindari penyebaran Covid-19 yang terakhir kali muncul varian baru.

Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur menjadi tempat pelaksanaan Kegiatan KKN penulis dengan teman-teman kelompok yang berasal dari Cianjur. Selain tempat yang strategis, potensi UMKM yang dimiliki oleh Desa Sirngalaih pun cukup potensial sehingga hal itulah yang menjadikan alasan kenapa penulis dan tim memilih Desa Sirnagalih sebagai tempat pelaksanaan Kegiatan KKN ini.

Pemilihan tempat pelaksanaan KKN juga dilihat dari sasaran yang ingin dicapai oleh tim KKN Cianjur yakni masyarakat, serta apabila melihat kondisi yang dimiliki oleh masyarakat Desa Sirnagalih, dimana para UMKM yang dimiliki oleh Desa Sirnagalih masih menggunakan pemasaran konvensional sehingga produk yang dihasilkan kurang dikenal banyak orang atau dalam kata lain cakupan pasar yang dimilikinya masih terbilang kecil.

Maka dari itu, penulis dan tim KKN Cianjur memutuskan untuk memberikan semacam pengedukasian terkait pemanfaatan digitalisasi sebagai media pemasaran kepada masyarakat yang dilakukan secara online melalui media Zoom Meeting. Kegiatan ini diisi dengan beberapa pematerian sesuai dengan program unggulan yang dimiliki oleh anggota Tim KKN Cianjur. Penulis sendiri memutuskan untuk melakukan pengedukasian terkait "Strategi Pemanfaatan Sosial Media sebagai sarana Pemasaran Online".

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Sosial Media yang dimaksud adalah Facebook dan Instagram, mengingat kedua Sosial Media tersebut memiliki dominasi jejaring sosial yang cukup besar dan digandrungi oleh masyarakat umum, khususnya masyarakat Desa Sirnagalih.  Penggunaan sosial media tersebut juga memungkinkan untuk setiap individu saling berhubungan satu sama lain dan dapat membangun hubungan sosial melalui dunia maya.

Pelaksanaan kegiatan pengedukasian ini merupakan suatu upaya penulis untuk membantu dan memberikan pemahaman masyarakat khususnya UMKM untuk memanfaatkan sosial media mereka sebagai sarana pemasaran online. Dan diharapkan setelah adanya kegiatan ini, masyarakat Desa Sirnagalih akan memulai memperkenalkan produk mereka melalui sosial media, sehingga cakupan pasar yang akan di dapat pun semakin luas dan memungkinkan untuk menambah pendapatan mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun