Mohon tunggu...
Tara Asie
Tara Asie Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo! Perkenalkan nama saya Tara Asie Saha mahasiswi dari Universitas Palangkaraya Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Saya mempunyai sebuah hobi salah satunya dibidang seni yaitu menggambar, tari modern, dan menyanyi.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Konsep, Sifat, dan Ranah Pendidikan Seni Rupa

29 April 2024   22:53 Diperbarui: 29 April 2024   22:54 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendidikan Seni adalah bagian dari sistem pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman, apresiasi/menghargai sebuah karya, dan keterampilan dalam bidang seni seperti seni rupa, musik, tari, sastra dan teater. Pendidikan Seni memberikan ruang bagi siswa untuk berekspresi, berkreasi, dan dapat memahami nilai seni yang ada di sekitarnya

Melalui pendidikan seni, siswa tidak hanya belajar tentang teknik dan keterampilan seni, tetapi juga mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, kolaborasi, dan komunikasi. Seni membantu siswa untuk memahami dunia dengan cara yang unik dan mendalam, serta mengasah kemampuan emosional dan sosial mereka. Seperti halnya terdapat 3 sifat dan 3 ranah pendidikan seni:

Sifat-sifat Pendidikan Seni Rupa

  • Multidimensional

Dimana pendidikan seni rupa memiliki sifat mengembangkan kemampuan manusia baik itu dalam dimensi emosional, sosial, pengetahuan, dan kreativitas.

  • Multilingual

Dimana pendidikan seni memiliki sifat mengembangkan kemampuan manusia dalam berkomunikasi dengan berbagai bahasa dan ada perbedaan dalam bahasa, suara, logat, dan gerakan tubuh ketika berkomunikasi sehingga hal tersebutlah yang dilihat dan masuk ke seni.

  • Multikultural

Dimana pendidikan seni memiliki sifat dalam mengembangkan kebudayaan menjadi seni baik itu kreasi kelompok ataupun individu.

Ranah (Domain) Pendidikan Seni Rupa

  • Kognitif

Dalam ranah ini, kognitif berkaitan dengan konteks pembelajaran seperti melibatkan pemahaman teori tentang seni dan konsep seni tersebut, dimana juga dalam proses belajarnya peserta didik dapat memecahkan permasalahan dalam seni yang akan diciptakannya.

  • Afektif

Dalam ranah ini, afektif berkaitan dengan emosional dan perasaan dalam proses belajar seni. Dimana peserta didik dapat mengekspresikan dirinya didalam sebuah karya yang diolahnya, peserta didik juga dapat menilai dan memberikan apresiasi bahkan menghargai sebuah karya seseorang.

  • Psikomotorik

Dalam ranah ini, psikomotorik adalah keterampilan yang berhubungan dengan fisik dan motorik manusia. Jadi pendidikan seni dalam ranah ini membantu peserta didik agar dapat mengasah skill keterampilannya seperti menggambar, memahat, bermain musik, dan lainnya.

Pendidikan seni rupa dalam kurikulum didasarkan pada pengembangan pemahaman, keterampilan, dan apresiasi dalam bidang seni. Terdapat aspek -- aspek kurikulum pendidikan seni rupa:

  • Perkembangan Kreativitas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun