Kalau kalian pernah bermain game dan melihat opsi-opsi untuk mengatur graphic kalian pasti pernah lihat istilah bloom, anti-aliasing, dan sebagainya. Tapi sebenernya artinya apa sih? Yuk simak penjelasan saya
Opsi dalam Honkai: Star Rail
Saya akan menggunakan contoh dari salah satu game yang sering saya mainkan yaitu Honkai: Star Rail untuk menjelaskan lebih dalam tentang opsi-opsi pada pengaturan grafik.
Rendering Quality
Saya akan membahas satu-satu dan menunjukkan perbedaannya, dimulai dengan Rendering Quality. Rendering Quality membahas tentang kualitas render, semakin kecil angkanya maka semakin sedikit yang GPU harus render, bisa dibilang ini adalah render scale jadi berapa persentase dari game yang dirender aslinya, 0.6 berarti 60% dan 2.0 berarti 200% (ingat . (titik) adalah ,(koma) dan ,(koma) adalah .(titik) kalau membahas tentang angka di luar).
Kalau dilihat dari dekat (perhatikan outlinenya), garis menjadi kurang halus sehingga menyebabkan efek "aliasing" (nanti akan saya bahas), dan secara keseluruhan gambar terlihat lebih tajam jika opsi Rendering Quality dinaikkan.
Shadow Quality
Persis seperti namanya, opsi yang ini mengatur seberapa tinggi kualitas dari bayangan, jika diatur lebih rendah maka bayangan akan terlihat lebih "kotak-kotak" dan kalau tinggi maka bayangan akan terlihat lebih tajam. Opsi ini mengatur resolusi dari bayangan.
Reflection Quality