Mohon tunggu...
Hasan A. Drihim
Hasan A. Drihim Mohon Tunggu... Freelancer - menulis karena hobi, lalu Berfikir, Mendalami dan Menjiwai...

Pribadi yang terus belajar menuju kesempurnaan hidup... Berfikir, Mendalami dan Menjiwai...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kursi Menentukan Prestasi?

11 Agustus 2015   10:24 Diperbarui: 11 Agustus 2015   10:28 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

 

 

Bismillahirrahmanirrahim,

allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammadin ‘adada maa fii ‘ilmillaahi shalaatan da-imatan bidawami mulkillaah, amma ba'du..

Semangat pagi sahabat-sahabat sekalian, hari ini saya sedang menata ulang meja dan kursi di ruangan saya. Tiba-tiba salah seorang kawan nyeletuk, “jadi inget waktu sma dulu.” Langsung pikiran saya melanglang buana ke waktu sekitar 20 tahun lalu. Teringat ketika pertama kali saya masuk SD dan berebutan tempat duduk ketika tahun ajaran baru. Kami (saya dan ibu) datang pagi-pagi sekali kesekolah dan ibu saya memilihkan tempat duduk untuk saya. Dan you know what lah, biasanya pilihan ibu tu selalu mempertimbangkan banyak factor. Jadi pastilah milihnya yang di depan atau kedua dari depan. Saya manut ajah, dulu pernah minta duduk di belakang tapi dimarahin dan dipaksa duduk di depan. Menurut saya rebutan kursi untuk duduk di depan pas SD tuh Absurd banget.. Soalnya kan nanti akan di rolling juga. Mungkin budaya rebutan kursi zaman SD ini lah yang menginspirasi bapak-ibu kita di didewan sana. Tapi what ever lah yang penting rebutan kursi sudah menjadi budaya di SD-SD di kota-kota besar.

 

Menjelang kelas 6 kita nggak lagi rebutan kursi, soalnya nggak mungkin kan ibunya masih nganterin anak kekelasnya dan rebutan kursi. Bisa sich bisa tapi malunya itu lho.. Tapi just info ajah masih ada lho ibu yang nyariin kursi anaknya ketika sudah kelas 6, dan sebagai tukang bully professional habislah anak itu saya kata-katain.. Sampe nggak masuk sekolah beberapa hari. Kalo mengingat dosa-dosa saya ketika SD seakan-akan saya mau salimin semua tangan anak-anak yang saya dzolimi untuk minta maaf. Semoga dia memaafkan saya sekarang dan nggak menuntut ketika pengadilan di akhirat. Aamiin.

 

Kembali ke masalah kursi, sejak nggak dipilihin lagi sama ibu semuanya berubah. Saya selalu memilih kursi paling belakang pojok kanan. Jadi tepat disudut kelas. Nah disitu saya nggak pernah merhatiin apa yang guru beri tahu. Nggak urus.. Saya maen kartu, maen catur, ngobrol, baca komik.. Tapi Karena pelajaran sd masih rada gampangan tetep ajah saya masih jadi rangking 1. Mungkin karena kalo dirumah belajarnya sampe susah payah ya.. Tapi intinya ketika zaman sd klausul “ kursi menentukan prestasi” nggak masuk dalam kamus saya. Berapa kali guru ngehukum saya mulai dari lari di lapangan, skotjam, push-up, sampe mindahin tempat duduk ke depan dan bareng sama murid cewe. Mungkin herannya mereka kenapa si setan satu ini nggak merhatiin tapi bisa jawab semua soal. Mereka nggak tau kalo setannya udah belajar dirumah dan ditungguin sama yang lebih galak dari setan.

 

Akhirnya saya lulus dengan Nem tertinggi di SD saya, lumayaaan.. Lanjut masuk SMP faforit juga mudah.. Nah disinilah mulai bencana. Kebiasaan saya suka rebut, nggak merhatiin pelajaran dan lain-lain berlanjut di smp. Saya tetep milih tempat duduk paling belakang pojok kanan. Dan tetep nggak merhatiin guru.. Cuma sialnya berhubung pelajaran smp sudah mulai susah, nilai saya selalu jeblok.. Dari yang selalu dapet 100, jadi biasanya Cuma dapet 65 – 75. Rangking turun dari satu ke lima, nggak pernah naik dari lima.. Selalu kena omel guru, mungkin bener kata guru-guru di pojok kelas banyak setannya. Kenakalan saya bertambah, Seneng nongkrong, bolos sekolah, nongkrong di tempat ps, bawa piso lipet ke sekolah, bikin jimat dari kitab mujarobat, ngerokok, tawuran. Pokoknya liar dan aneh dah.. Hahaha.. Kalo saya inget sekarang saya lucu sendiri. Walau demikian saya tetep aktif di ROHIS, dan sholat Alhamdulillah nggak pernah lewat. Mungkin bener kata orang zaman smp adalah masa-masa nyari jati diri. Jadi di satusisis saya banyak maen sama anak-anak dan orang tua bandel, disisi lain saya sering maen dengan anak-anak rohis yang alim. Sering baca-baca buku agama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun