Mohon tunggu...
Hayya Vevila Faisal
Hayya Vevila Faisal Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswi UNPAR Bandung

Mahasiswi Teknik Informatika yang ambisius dan memiliki keingintahuan yang tinggi dalam bidang teknologi, gaya hidup dan sains

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ringkasan Kegiatan Gelada Hominisasi

22 November 2022   21:43 Diperbarui: 22 November 2022   22:13 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya memulai kegiatan geladi hominisasi dengan mengerjakan tugas pra geladi terlebih dahulu. Saya mendengarkan lagu Indonesia Raya 3 stanza dan memberikan opini saya mengenai bagian lagu yang paling saya sukai. Lalu, saya juga menonton film pendek mengenai budaya makanan di Indonesia dan memberikan opini saya peihal topik tersebut sebagai seorang generasi penerus bangsa di tengah arus globalisasi. 

Beberapa hari setelahnya, datanglah hari H pelaksanaan geladi hominisasi. Saya mengenakan kemeja putih dan hijab saya, tidak lupa juga menyiapkan kamera dan juga laptop. Selama berkegiatan saya banyak belajar mengenai diri saya sendiri, bagaimana cara saya berkontribusi dalam menanggapi suatu persoalan yang ada, menyampaikan pendapat dengan sopan satun dan etika, berbaur dengan orang baru, dan juga berkolaborasi bersama. 

Dengan mengikuti geladi hominisasi ini, saya semakin menyadari bahwa kemampuan dalam menggunakan logika dan Bahasa Indonesia sebagai warga negara sangatlah penting. 

Hal ini karena agar dapat membantu mewujudkan cita cita bangsa ini yaitu menjadi bangsa yang adil dan Makmur, kita harus menjadi seorang individu yang dapat berpikir menggunakan logika yang baik dan benar agar mampu memilih pilihan dengan hasil yang terbaik sehingga dapat menyelesaikan permasalahan-permasalan yang ada. 

Bangga berbahasa Indonesia juga merupakan hal yang wajib kita lakukan sebagai warga negara Indonesia karena Bahasa Indonesia merupakan Identitas negara kita dan sebagai pemersatu bangsa, sehingga tanpanya kita tidak dapat menjadi sebuah bangsa yang utuh dan madani. 

Kemampuan-kemampuan yang saya dapatkan selama mengikuti geladi hominisasi ini tentunya akan saya terapkan dalam kehidupan saya, utamanya sebagai seorang mahasiswi. Salah satunya dengan membiasakan diri untuk berpikir menggunakan logika yang baik dan benar dalam kehiudpan sehari-hari dan membiasakan diri untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun