Mohon tunggu...
Haykal Brian Pratama
Haykal Brian Pratama Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Saya adalah mahasiswa fakultas psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rasa sakit akan membuat saya lebih bersemangat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Asertif: Navigasi Bijak Dalam Menghadapi Era Post Truth

26 Desember 2023   19:06 Diperbarui: 26 Desember 2023   19:13 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Artikel ini ditulis oleh Haykal Brian Pratama, Akmal Zein, Risky Widya Pratama,Universitas Muhammadiyah Surakarta                                      

Komunikasi Asertif: Navigasi Bijak Dalam Menghadapi Era Post-Truth

A. Definisi Komunikasi

Komunikasi adalah interaksi antara dua  atau lebih makhluk hidup. Sehingga, orang-orang yang terlibat dalam proses komunikasi ini dapat mencakup hewan, bahkan tumbuhan. Komunikasi  secara luas didefinisikan sebagai berbagi pengalaman. Komunikasi adalah usaha untuk menciptakan pendapat/gagasan, mengungkapkan perasaan agar  orang lain mengetahui atau memahaminya, dan mampu menyampaikan informasi/pesan dari komunikator yang satu kepada komunikator yang lain melalui saluran/sarana media dengan harapan mendapat tanggapan. Unsur-unsur komunikasi adalah komunikator, pesan, saluran/media, komunikasi, dan respon/umpan balik. (Sari.A.F, 2020)

B. Era Post Truth dan Komunikasi

Era sekarang merupakan sebuah Dimana informasi selalu bisa kita dapatkan dan mudah kita akses. Kehidupan sosial masyarakat saat ini dihadapkan pada fenomena post- truth, yaitu suatu keadaan dimana masyarakat mengabaikan kebenaran dan moralitas dalam pandangannya dan cenderung menganut hal-hal yang lebih dekat dengan keyakinan pribadinya. (Zadfar, 2021) . Gobber (2019, hal. 287) mendefinisikan post-truth sebagai keadaan di mana fakta obyektif memiliki pengaruh yang lebih kecil terhadap perdebatan politik atau opini publik dibandingkan emosi dan keyakinan pribadi. . Jadi kesimpulannya Post-truth merupakan kondisi/era ketika "fakta-fakta alternatif" menggantikan fakta aktual, dan perasaan memiliki bobot lebih tinggi dari bukti-bukti. Kemampuan komunikasi menjadi sangat penting dalam menghadapi era post truth sekarang. Fungsi komunikasi tidak hanya digunakan sebagai alat penyampaian yang tegas tetapi digunakan untuk membentengi diri kita dari disinformasi dan hoax. Salah satu Teknik komunikasi yang digunakan untuk menghadapi era post -- truth adalah komunikasi asertif.

C. Definisi Komunikasi Asertif

Menurut Turiastiati.A.T, dkk (2021), Komunikasi asertif pada hakikatnya merupakan kemampuan mengungkapkan gagasan dan perasaan negatif dan positif  secara langsung, terbuka, jujur, dan menghargai orang lain, sedangkan menurut Purwaningtyastuti, dkk (2023) komunikasi asertif adalah bagaimana menyampaikan informasi, gagasan dan perasaan yang dialami kepada sesama tanpa menimbulkan kesalahpahaman dalam menerima informasi, jadi da[at disimpulkan komunikasi asertif merupakan gaya komunikasi yang menyeimbangkan keberanian mengungkapkan pendapat, perasaan, atau kebutuhan pribadi tanpa melanggar hak orang lain. Gaya komunikasi ini memungkinkan seseorang menyampaikan pesan secara tegas dan jelas tanpa terkesan agresif atau pasif.

D. Manfaat Komunikasi Asertif

Dalam komunikasi Asertif pastinya terdapat beberapa manfaat yang kita dapatkan, diantaranya:                                                                             

  • Meningkatkan Kepuasan Diri. Seseorang bisa lebih percaya diri dan dihargai karena dapat menyampaikan pendapat dengan lebih jelas.
  • Meningkatkan Hubungan Interpersonal. Dengan komunikasi asertif seseorang dapat membangun hubungan yang sehat dengan orang lain, karena menghargai hak dan perasaan serta memungkinkan dialog terbuka dan jujur.
  • Mengurangi Konflik. Dengan komunikasi asertif dapat menghindari perilaku agresif atau pasif sehingga dapat menyelesaikan masalah dan perbedaan pendapat dengan lebih damai.
  • Memperkuat Batas Pribadi. Dengan komunikasi asertif seseorang dapat dengan tegas memberitahukan batas-batas pribadi mereka dan memastikan batas batas tersebut dapat dihormati orang lain.
  • Meningkatkan Kemampuan Komunikasi. Dengan komunikasi asertif, seseorang dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang melibatkan kemampuan mendengarkan dengan empati dan berbicara dengan lugas dan jelas.
  • Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah. Dengan komunikasi asertif, memungkinkan seseorang untuk berdiskusi secara terbuka dan konstruktif, sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan lebih efektif.
  • Meningkatkan Keterbukaan Emosional. Dengan komunikasi asertif, seseorang dapat menyampaikan perasaan mereka dengan jujur dan terbuka.
  • Mengurangi Stres. Dengan komunikasi asertif, seseorang dapat menyampaikan pikiran dan perasaan secara tegas, karena menahan atau memendam perasaan dapat menimbulkan stres dan ketegangan.
  • Membantu Mencapai Tujuan. Dengan komunikasi asertif, seseorang dapat mempengaruhi orang lain dengan cara yang lebih positif atau persuatif, memotivasi.
  • Meningkatkan Hubungan Kerja.Dalam lingkungan kerja, komunikasi asertif membantu meningkatkan kolaborasi, mengurangi konflik antar tim, dan membangun hubungan kerja yang lebih positif                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   E.Bagaimana Menerapkan Komunikasi Asertif di Era Post truth
    • Verifikasi Informasi / Fakta                                                                                                                                                                                          Dalam menyampaikan informasi agar dapat diterima kepada audiens. Kita harus memberikan informasi yang jelas. Sebelum kita menyampaikan informasi yang jelas alangkah baiknya kita memverifikasi data atau validitas (kebenaran) yang akan kita sampaikan. Di era ini ada banyak sekali fakta. Fakta fakta alternatif, fakta pertimbangan, fakta dari pendapat ahli, fakta materi, dan fakta lainnya. Dengan banyaknya kebenaran, orang tinggal memilih kebenaran yang sesuai dengan keinginannya dan mencerminkan siapa dirinya. Ketika kebenaran tidak lagi penting, disebut post-truth.Inilah saatnya orang berhenti mempertimbangkan fakta yang disajikan (Mustaqim, 2018). Maka dari itu sebelum kita memberi informasi kita harus mengecek fakta informasi tersebut berasal dari mana, Mengecek apakah fakta tersebut rasional atau hanya dibuat akal -- akalan saja. Kebenaran fakta pada era post-truth mempunyai dimensi yang berbeda dengan era-era sebelumnya.Kebenaran adalah milik orang atau pihak yang mempunyai pengetahuan dan kekuasaan (Wahyono, 2017).
    • Menyampaikan dengan Jelas                                                                                                                                                                                                    
    • Komunikasikan pandangan atau fakta dengan jelas dan singkat.                                                                                                                           Hindari kebingungan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
    • Tanggapi dengan Santun                                                                                                                                                                                                    Saat berhadapan dengan opini yang berbeda, tanggapi dengan santun dan tunjukkan ketegasan tanpa menciptakan konflik yang tidak perlu. Seseorang Ketika berkomunikasi asertif biasanya mencakup kemampuan mengemukakan pendapat atau gagasan (Al Mirza, 2020).Hal terakhir yang harus dilakukan individu adalah tidak mengabaikan hak orang lain atau Ketika menyampaikan tanggapan kita harus dengan sopan dan harus menghormati keberadaan orang yang sebagai audiens . Karena orang tersebut telah rela untuk mendengarkan informasi yang kita berikan.               
  • DAFTAR PUSTAKA

    Sari, A. F. (2020). Etika komunikasi. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2),     127-135. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.152

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun