Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Pada guru dituntut agar mampu mengggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana dan bersahaja tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.Â
Disamping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk mengembangkan keterampilan membuat media pembelajaran yang akan digunakannya apabila media tersebut belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran yang meliputi: Media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar, Fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, Seluk beluk proses belajar, Hubungan antara metode mengajar dan media pendidikan,  Nilai atau manfaat media pendidikan dalam pembelajaran, Pemilihan dan penggunaan media pendidikan, Berbagai jenis alat dan tehnik media pendidikan, Media pendidikan dalam setiap mata pelajaran, dan Usaha inovasi dalam media pendidikan.Â
Adapun Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar-mengajar, serta membantu siswa untuk lebih tertarik dan termotivasi dalam mempelajari bahasa Inggris. Pada Tridarma kali ini Pengabdian kegiatan Masyarakat mengeksplorasi bagaimana penggunaan teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di sekolah, lebih tepatnya saat melakukan tridarma (PKM) di SMK Negeri 15 Pandeglang, Untuk meningkatkan standar pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris di kelas, guru mempunyai peran dan kewajiban yang sangat besar. Yakni  dalam meningkatkan keterlibatan, kreativitas, motivasi, dan inspirasi siswa, pendidik perlu menerapkan inovasi pembelajaran yang meliputi melakukan perubahan dan pembaharuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Media pembelajaran disediakan untuk merangsang keaktifan dan keefisienan pembelajaran yang mempengaruhi tingkah laku siswa sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik. Â
Keanekaragaman pembelajaran yang digunakan secara terencana dan teratur itulah yang akan menyebabkan timbulnya aktivitas-aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa, dalam hal ini akan mempengaruhi proses belajar lebih efektif lagi. Â Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, dengan Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi; dapat meningkatkan motivasi belajar siswa; dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan abad 21, seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi, yang sangat penting untuk keberhasilan di masa depan, dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan membantu mereka memahami materi dengan lebih baik.Â
Walau demikian, tetap ada Tantangan dan Kendala dalam Pemanfaatan Teknologi, seperti; Kesiapan Infrastruktur; kesiapan infrastruktur teknologi di sekolah-sekolah. Tidak semua sekolah memiliki akses yang memadai terhadap perangkat keras, perangkat lunak, dan koneksi internet yang stabil, sehingga menghambat penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Kompetensi Guru; Tidak semua guru memiliki keterampilan yang memadai untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris. Biaya Operasional; Pengadaan dan pemeliharaan teknologi pembelajaran juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga menjadi tantangan bagi sekolah-sekolah, terutama yang memiliki anggaran terbatas.Â
  Oleh karena itu yang merupakan salah satu komponen pendidikan berperan aktif sebagai tenaga profesional yang sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang.  Suatu sekolah yang kekurangan media pembelajaran akan menemukan suatu masalah dalam kegiatan belajar mengajar, untuk itu agar menarik perhatian dan adanya minat belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar, maka unit sekolah harus berusaha menyediakan kebutuhan siswa seperti dengan adanya media yang memadai.
Maka keberhasilan pembelajaran tercapai apabila guru dan siswa dapat menggunakan media pembelajaran sebagai alat penyalur pesan pelajaran pada setiap kegiatan belajar. Oleh karena itu, guru dalam memberi kemudahan bagi siswa pada kegiatan belajar sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan yang diharapkan, dengan demikian maka keefektifan dalam menggunakan media pembelajaran akan informasi pembelajaran yang diterima oleh siswa dapat seoptimal mungkin sehingga menimbulkan perubahan tingkah laku siswa. Sedangkan keefisienan media pembelajaran adalah untuk mencapai tujuan seefektif mungkin sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan baik. Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fudamental dan setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa.