Mohon tunggu...
Hawin alawiyah Mustofa
Hawin alawiyah Mustofa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya adalah mahasiswa pendidikan bahasa arab angkatan 2021 universitas muhammadiyah yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Eksplorasi Dunia Pendidikan melalui Kegiatan Magang di SMP Mu'alimmin Yogyakarta - Hawin Alawiyah Mustofa

14 Januari 2024   00:17 Diperbarui: 14 Januari 2024   00:18 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kegiatan magang yang dilaksanakan oleh prodi Pendidikan Bahasa Arab UMY adalah kegiatan yang berpengaruh besar untuk mengembangkan wawasan calon pendidik yang professional dan mempersiapkan mahasiswa untuk dapat bermasyarakat, khususnya pada disiplin ilmu yang telah dipelajari selama mengikuti perkuliahan. Kegiatan magang ini dilaksanakan di SMP Mu’alilimin Yogyakarta .

Pengalaman magang ini memberikan kesempatan berharga bagi saya untuk mendapatkan pengalaman praktis di bidang pendidikan dan untuk mengembangkan keterampilan penting yang akan berguna dalam karir masa depan. Dalam essai ini, saya akan memaparkan pengalaman magang saya di SMP Mu’alilimin Yogyakarta dan membahas wawasan yang saya peroleh dari pengamatan dan interaksi saya dengan siswa dan guru. Secara khusus, saya akan menjelaskan lingkungan kelas dan metode pengajaran yang digunakan oleh guru, merefleksikan tantangan dan manfaat bekerja dengan siswa dari latar belakang budaya yang berbeda, dan mendiskusikan pembelajaran yang saya pelajari dari pengalaman ini.

Selama magang di SMP Mu’alilimin Yogyakarta, saya berkesempatan mengamati beberapa sesi kelas. Ruang kelas ditata dengan baik dan dilengkapi dengan alat bantu pengajaran modern seperti papan tulis dan proyektor. Guru menggunakan berbagai metode pengajaran, termasuk ceramah, diskusi kelompok, dan kegiatan interaktif. Siswa aktif mengikuti pembelajaran dan antusias mengikuti kegiatan kelas. Guru juga mendorong siswa untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat mereka, yang berkontribusi terhadap lingkungan kelas yang hidup dan menarik.

Selain observasi kelas, saya juga berkesempatan berinteraksi dengan siswa dan guru. Sebagai peserta magang dari latar belakang budaya yang berbeda, saya menghadapi beberapa tantangan dalam berkomunikasi dengan siswa dan guru. Namun, saya menemukan bahwa dengan bersabar dan penuh hormat, saya mampu membangun hubungan positif dengan siswa dan guru. Saya juga belajar bahwa perbedaan budaya dapat menjadi sumber pembelajaran dan pertumbuhan, karena perbedaan tersebut memberikan peluang untuk memperluas perspektif kita dan belajar dari cara berpikir dan melakukan sesuatu yang berbeda.

Secara keseluruhan, pengalaman magang saya di SMP Muhammadiyah memberi saya wawasan dan pembelajaran berharga yang berguna dalam karir saya di masa depan sebagai seorang pendidik. Saya belajar pentingnya bersikap fleksibel, sabar, dan penuh hormat dalam bekerja dengan siswa dan guru dari latar belakang budaya yang berbeda. Saya juga belajar pentingnya pengalaman praktis dalam mengembangkan keterampilan penting seperti komunikasi, pemecahan masalah, dan kerja tim. Pengalaman ini memperkuat komitmen saya untuk mengejar karir di bidang pendidikan dan memberi saya pemahaman yang lebih baik tentang tantangan dan manfaat bekerja di bidang ini.

Pengalaman magang di SMP Mu’alilimin Yogyakarta dapat memberikan wawasan dan pengalaman berharga bagi para mahasiswa. Beberapa mahasiswa telah berbagi pengalaman mereka selama magang di SMP Mu’alilimin Yogyakarta, termasuk pengalaman dalam mengajar, observasi, serta pembelajaran tentang sistem pendidikan dan administrasi sekolah. Mereka juga menyoroti fasilitas yang lengkap dan kualitas pendidikan yang unggul di sekolah tersebut. Selain itu, pengalaman ini sangat berharga dan memperkaya pengetahuan yang memberikan saya wawasan dan pelajaran penting. Melalui observasi kelas dan interaksi dengan siswa dan guru, saya memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang metode pengajaran yang digunakan di sekolah-sekolah di Indonesia, tantangan dan manfaat bekerja dengan siswa dari latar belakang budaya yang berbeda, dan pentingnya pengalaman praktis dalam mengembangkan keterampilan penting untuk berkarir. dalam pendidikan. Saya bersyukur atas pengalaman ini dan berharap dapat menerapkan pembelajaran yang saya peroleh dalam karier saya di masa depan sebagai seorang pendidik.

Melalui magang di SMP Muhammadiyah, mahasiswa termasuk saya dapat memperoleh berbagai kemampuan, termasuk:

1. Pengetahuan Pendidikan: Magang bertujuan untuk membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional mahasiswa sebagai calon pendidik.

2. Pengembangan Keterampilan Pendidikan: Siswa dapat mengembangkan keterampilan dalam menyusun perangkat pembelajaran seperti silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, program tahunan, dan program semester.

3. Pemahaman Proses Pembelajaran: Melalui magang, siswa dapat memahami proses pembelajaran, aspek sosial, dan personal mahasiswa Pendidikan.

4. Pengalaman Praktik Mengajar: Siswa diberikan kesempatan untuk melakukan praktik mengajar di sekolah, yang akan membantu mereka mengembangkan keterampilan mengajar, kepemimpinan, dan kerja sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun