Bauran pemasaran atau sering disebut marketing mix sangat populer dikalangan pembisnis. selama ini yang kita ketahui dalam berbisnis kebanyakan mengenal marketing mix dengan istilah 4P atau 7P. Padahal ada bentuk marketing lainnya yang disebut marketing 4C.
Apa itu Marketing Mix 4C?
Marketing mix 4C adalah transformasi dari bentuk marketing mix 4P, yang berfokus pada manfaat produk untuk kebutuhan konsumen dan memberikan pengalaman langsung. Selain itu konsumen juga bisa lebih berorientasi terhadap strategi pemasaran ini.
Mengutip dari marketing mix, teori marketing mix 4C ini dikembangkan pada tahun 1990 oleh Robert F. Lauterborn. 4C strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan profit perusahaan terdiri dari 4 unsur utama yaitu customer, cost, convenience, dan communication.
1. Customer
4C yang pertama adalah customer, konsumen atau pelanggan. Dalam berbisnis pasti yang utama kita membutuhkan pelanggan agar bisnis kita tetap berjalan dengan baik, dalam menerapkan poin 4C pertama ini kita harus mempertimbangkan kelayakan produk, keunggulan produk, dan market positioning.Â
Dari ketiga hal diatas apabila bisa dilakukan dengan tepat maka akan sangat membantu untuk berbisnis.Â
2. Cost
4C yang kedua adalah cost atau biaya yang dikeluarkan konsumen dalam membeli, menyimpan atau untuk dijual kembali produk yang dibeli. Dalam menjual produk tentu kalian harus mempertimbangkan harga tersebut. Seperti apakah harga yang diterapkan cocok untuk produk dan terjangkau untuk target market kita. Dan apakah harga yang kita terapkan bisa memberikan nilai kepuasan pelanggan.Â
Dalam menentukan cost, kita harus mengetahui bahwa menentukan harga yang rendah tidak selalu menaikan penjualan.Â
Dari poin C kedua ini yang harus kalian ketahui adalah apakah produk kalian berkualitas sehingga pantas dijual dengan harga yang telah ditetapkan. Jangan karena ingin banyak pembeli kalian menetapkan harga rendah yang ada bisnis kalian akan rugi.
3. ConvenienceÂ
4C yang ketiga adalah convenience atau kenyamanan. Kenyamanan tentu hal yang penting bagi pelanggan, dan juga keinginan salah satu pelanggan saat dia berbelaja produk kalian. Bermacam-macam cara pelanggan membeli produk, produsen tidak bisa lagi hanya mengandalkan distributor tetapi produsen juga harus menyediakan berbagai pilihan bagi pelanggan untuk mendapatkan produk.
Tentu harus membuat pilihan yang mudah dipahami oleh pelanggan, misalnya berjualan dionline shop kalian harus bisa menjamin kenyamanan pelanggan dengan memberikan alur pemesanan, pembelian dan penerimaan yang mudah diikuti oleh pelanggan dan tidak ribet, karena dijaman sekarang yang dibutuhkan pelanggan serba instan praktis.
4. Communication
4C yang terakhir adalah komunikasi, komunikasi sangat penting digunakan untuk interaksi dengan pelanggan. Selain itu jaman sekarang juga sudah semakin maju untuk berinteraksi kalian juga bisa menggunakan sosial media.Â
4C yang terakhir dalam komunikasi melibatkan pelanggan untuk memberi masukan tentang produk, penetapan harga dan tempat produk yang dikehendak.
"Sebagai Tugas UAS Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Syariah dengan Dosen Pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM".Â
________________________________
Nama : Hawatun Nisa Amalia
Nim : 191410059
Kelas : Ekonomi Syariah V B
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H