Mohon tunggu...
Hawa arini Dina yasmin
Hawa arini Dina yasmin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan IPS

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Lingkungan Perkotaan dan Pedesaan terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

12 September 2024   20:23 Diperbarui: 12 September 2024   20:36 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambarhttps://nakita.grid.id/read/02951610/penelitian-membuktikan-lagi-anak-yang-tinggal-di-desa-lebih-bahagia-dan-sehat?page=all

Pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan proses yang sangat kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor internal maupun eksternal. Pertumbuhan mencakup perubahan fisik, seperti peningkatan tinggi dan berat badan, sementara perkembangan mencakup aspek kognitif, emosional, sosial, serta motorik. Kedua aspek ini saling berkaitan dan menentukan kualitas hidup anak di masa depan.

Salah satu faktor eksternal yang sangat berpengaruh perkembangan dan pertumbuhan anak adalah lingkungan tempat mereka dibesarkan. Lingkungan ini secara umum dapat dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan perkotaan dan lingkungan pedesaan. Masing-masing lingkungan ini memiliki karakteristik yang berbeda dan membawa dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak

Pentingnya Lingkungan dalam Pertumbuhan Fisik dan Perkembangan Anak

Lingkungan fisik dan sosial tempat anak tumbuh memainkan peran penting dalam menentukan kualitas pertumbuhan fisik mereka.

  • Anak-anak yang tumbuh di perkotaan  
  • Mereka memiliki akses yang lebih baik seperti layanan kesehatan, perawatan medis, dan gizi yang lebih memadai. Namun, mereka juga menghadapi tantangan seperti polusi udara, kebisingan, dan keterbatasan ruang terbuka hijau untuk bermain, yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan fisik mereka. Di perkotaan, kemudahan akses ke berbagai jenis makanan sering kali membuat anak-anak terpapar makanan olahan dan cepat saji yang kurang sehat,
  •  anak-anak di pedesaan
  • umumnya mereka dapat hidup di lingkungan yang lebih alami dengan udara yang lebih bersih dan lebih banyak kesempatan untuk bermain di luar ruangan. Meskipun demikian, mereka mungkin menghadapi tantangan dalam hal akses ke fasilitas kesehatan yang kurang memadai, serta kurangnya kesadaran akan pentingnya gizi seimbang. Gizi dan pola makan juga berbeda di antara anak-anak di perkotaan dan pedesaan. di pedesaan, pola makan anak-anak lebih mungkin berbasis pada bahan-bahan alami, seperti hasil pertanian lokal. Namun, masalah kemiskinan di pedesaan bisa menjadi faktor penghambat, di mana keluarga mungkin tidak mampu menyediakan makanan dengan gizi seimbang.

Dampak Lingkungan terhadap Perkembangan Kognitif

Perkembangan kognitif, kognitif merupakan  mencakup kemampuan anak untuk berpikir, memahami, memecahkan masalah, serta belajar.

  • Lingkungan perkotaan yang lebih maju sering kali menyediakan lebih banyak kesempatan pendidikan bagi anak-anak. Akses ke sekolah-sekolah berkualitas, kegiatan ekstrakurikuler, perpustakaan, dan teknologi modern seperti internet dan perangkat digital membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak di perkotaan.
  • Lingkungan pedesaan sering kali memiliki akses yang lebih terbatas ke fasilitas pendidikan yang memadai. Sekolah di pedesaan mungkin kekurangan sumber daya, baik dari segi tenaga pengajar yang kompeten maupun sarana pendidikan yang memadai. Namun, meskipun anak-anak di pedesaan mungkin menghadapi keterbatasan dalam akses pendidikan formal, mereka sering kali belajar melalui pengalaman langsung di alam dan kegiatan komunitas, yang dapat mengembangkan keterampilan praktis dan kognitif yang berbeda. Interaksi dengan alam dan keterlibatan dalam pekerjaan komunitas juga dapat memperkaya pengalaman belajar mereka dengan cara yang tidak selalu dimiliki oleh anak-anak di perkotaan.

 Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Berbagai Lingkungan

Selain aspek fisik dan kognitif, lingkungan juga mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak.

  •  Anak-anak di perkotaan tumbuh dalam lingkungan yang lebih heterogen dan kompleks secara sosial. Mereka lebih sering terpapar pada berbagai macam budaya, etnis, dan latar belakang sosial, yang dapat memperkaya wawasan mereka tentang keragaman sosial. Namun, anak-anak perkotaan juga bisa menghadapi tekanan sosial yang lebih besar, seperti persaingan akademis yang tinggi, pergaulan yang lebih luas namun kurang intens, serta paparan terhadap media sosial yang bisa mempengaruhi kesehatan mental mereka. Tingkat stres yang dialami anak perkotaan yaitu mereka sering kali menghadapi tekanan hidup yang lebih besar, seperti tuntutan akademik yang tinggi, masalah kemacetan, polusi, dan lingkungan yang padat. Semua ini dapat mempengaruhi kesehatan mental dan kesejahteraan emosional mereka
  •  anak-anak di pedesaan umumnya tumbuh dalam komunitas yang lebih kecil dan lebih erat, di mana hubungan sosial sering kali lebih dekat dan personal. Mereka cenderung memiliki ikatan yang lebih kuat dengan keluarga besar dan tetangga, yang memberikan dukungan emosional dan sosial yang lebih stabil. Namun, lingkungan yang lebih homogen bisa membatasi mereka dalam memahami dan menerima perbedaan sosial dan budaya. Tingkat stres yang dialami anak di pedesaan mungkin tidak separah apa yang dialami anak perkotaan, meskipun ada tantangan tersendiri, anak-anak mungkin tumbuh dalam lingkungan yang lebih tenang dan alami, yang mendukung kesehatan mental dan emosi mereka.

Implikasi bagi Pengembangan Kebijakan dan Pendekatan Holistik

Memahami bagaimana lingkungan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak di perkotaan dan pedesaan penting bagi orang tua, pendidik, dan pembuat kebijakan. Masing-masing lingkungan memiliki kelebihan dan kekurangannya, dan tantangan yang dihadapi anak-anak di kedua lingkungan ini memerlukan pendekatan yang berbeda dalam merancang kebijakan yang tepat.

  • Di perkotaan, diperlukan peningkatan dalam penyediaan ruang terbuka hijau, pengurangan polusi, serta manajemen stres bagi anak-anak.
  • Di pedesaan, fokus harus diberikan pada peningkatan akses terhadap layanan kesehatan dan pendidikan, serta penyediaan infrastruktur yang memadai untuk mendukung perkembangan anak.

Pemahaman yang komprehensif tentang faktor-faktor lingkungan ini akan membantu memastikan bahwa semua anak, baik yang tumbuh di perkotaan maupun pedesaan, dapat berkembang secara optimal dan memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai potensi mereka. Dengan demikian, pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan aspek yang sangat penting untuk dipahami dalam konteks pembangunan manusia yang lebih luas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun