Di tengah perkembangan zaman yang pesat, pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadi fondasi penting dalam membentuk generasi masa depan. Seorang peneliti bernama Ida Bagus Alit Arta Wiguna telah mengungkapkan melalui penelitiannya bahwa pelatihan dan pengembangan keterampilan mengajar bagi guru PAUD adalah kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Penelitian yang dilakukan oleh Wiguna menyoroti bagaimana pelatihan yang efektif dapat mengubah paradigma mengajar di kalangan guru PAUD. Dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, demonstrasi, dan praktik langsung, penelitian ini berhasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan keterampilan mengajar para guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan mengajar sebesar 24% dalam kategori kegiatan, 23% dalam kategori kegiatan inti, dan 27% dalam kategori penutup. Ini menandakan bahwa pelatihan yang dirancang dengan baik dapat memberikan dampak positif yang besar terhadap kualitas pendidikan anak usia dini.
Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pelatihan dan pengembangan keterampilan mengajar tidak hanya meningkatkan kompetensi guru tetapi juga berkontribusi pada pengembangan potensi anak-anak di usia emas mereka. Dengan demikian, pelatihan guru PAUD menjadi investasi jangka panjang yang berharga untuk masa depan pendidikan di Indonesia.
Artikel ini diharapkan dapat memberikan perspektif baru tentang pentingnya pelatihan guru PAUD dan bagaimana hal tersebut dapat berdampak pada pendidikan anak usia dini.
Kesimpulan:
- Pelatihan guru PAUD tidak hanya meningkatkan kompetensi guru, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan potensi anak-anak.
- Pelatihan guru PAUD adalah investasi jangka panjang yang berharga untuk masa depan pendidikan di Indonesia.
Kelompok 1:
1.Haura Zain Nur Abidah
2.Julia Nur Abidah
3.Ningrum Siti Luthfiah
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora