Apa itu pembelajaran berdiferensiasi ?
Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha guru dalam menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid artinya pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran untuk mendukung semua murid di kelas kita maksudnya apa ya ingat Setiap anak adalah unik mereka punya kelebihan bahan dan kekurangannya masing-masing begitu pula dengan minat gaya belajar kebiasaan pola pikir kemampuan literasi dan lain-lain pasti berbeda kan Nah di sinilah diperlukan usaha guru untuk dapat memenuhi kebutuhan belajar murid yang berbeda-beda agar mereka merasa nyaman saat belajar di kelas dan tentunya tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Lalu bagaimana ya cara untuk dapat melakukan pembelajaran berdiferensiasi di kelas ?
Agar dapat melakukan pembelajaran berdiferensiasi guru harus memahami tujuan pembelajaran terlebih dahulu selanjutnya mengetahui dan merespon kebutuhan belajar murid menciptakan lingkungan belajar yang mengundang murid untuk belajar melakukan manajemen kelas yang efektif dan lakukan penilaian berkelanjutan berkaitan dengan kebutuhan belajar murid guru harus memahami tiga aspek berikut ini :
- kesiapan belajar murid
Kesiapan belajar mengharuskan dan guru untuk menilai pengetahuan awal dan menentukan apa yang telah murid ketahui dan dimana murid berada.
- minat murid
Minat Setiap anak pasti berbeda-beda minat adalah salah satu motivator penting bagi murid untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran
- profil belajar murid
profil belajar murid berkaitan dengan lingkungan budaya gaya belajar dan kecerdasan majemuk yang berbeda antara satu anak dengan yang lainnya
Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal?
Kebutuhan belajar murid dapat diidentifikasi berdasarkan cara-cara berikut ini :
- mengamati perilaku murid-muridÂ
- mengidentifikasi pengetahuan awalÂ
- mereview dan melakukan refleksi terhadap praktik pengajaranÂ
- berbicara dengan guru murid sebelumnyaÂ
- membaca raport murid di kelas sebelumnyaÂ
- menggunakan berbagai Penilaian penilaian formatif dan diagnostik
strategi untuk mendiferensiasi pembelajaran bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu diferensiasi konten proses dan produk. Guru dapat memilih salah satu atau kombinasi dari ketiganyaÂ
Diferensiasi konten berkaitan dengan apa yang kita ajarkan seperti materi konsep atau keterampilan yang perlu dipelajari berdasarkan kurikulum. Mendiferensiasi konten bisa dilakukan dengan membedakan pengorganisasian atau format penyampaiannya bukan mengubah atau menurunkan standar kurikulum.Â
Diferensiasi proses berupa kegiatan yang memungkinkan murid berlatih dan memahami atau memaknai konten dengan cara membedakan proses yang harus dijalani oleh murid.
Diferensiasi produk berupa bukti yang menunjukkan apa yang murid telah pahami dengan cara membedakan atau memodifikasi produk sebagai hasil belajar muridÂ
Hasil latihan penerapan dan pengembangan apa yang telah dipelajari ? lalu Adakah keterkaitan antara modul pembelajaran berdiferensiasi dengan modul-modul yang lain?