Mohon tunggu...
Hasnawiah Hasnawiah
Hasnawiah Hasnawiah Mohon Tunggu... Guru - GURU SMAN 1 SEBATIK

MEMBACA, MENULIS

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Rendahnya Hasil Ulangan Harian

13 Juni 2023   13:18 Diperbarui: 13 Juni 2023   13:34 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Rendahnya Hasil Ulangan Harian Peserta Didik

Ulangan harian umumnya diberikan setelah selesai satu materi dalam pembelajaran . Soal yang di berikan sebaiknya berbentuk tes objektif untuk mengukur pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan berfikir, aplikatif. Bentuk soal objektif dapat berupa pilihan ganda, isian, benar benar-salah, menjodohkan, dan jawaban singkat, meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan guru membuat soal bentuk uraian, baik uraian terbatas maupun bebas.

Rendahnya hasil ulangan harian peserta didik merupakan masalah yang tidak dapat di anggap ringan. Hal ini justru dapat menjadi masalah serius jika di biarkan berlarut larut. Biasanya untuk ulangan harian hanya terdiri dari satu atau dua kompetensi dasar. Dengan demikian, cakupan materi sebagai bahan ulangan harian tidak begitu banyak. Seharusny dengan cakupan materi yang hanya terdiri satu atau dua kompetensi dasar, tidak menjadi masalah bagi peserta didik. Jika masih saja terdapat masalah berupa hasil ulangan harian yang masih rendah, berarti ada beberapa kemungkinan penyebab yang terjadi.

Kemungkinan- kemungkinan tersebut antara lain soal ulangan harian yang tidak sesuai dengan indikator ketercapaian belajar, peserta didik kurang menguasai materi, peserta didik kurang mempersipkan diri, atau peserta didik tidak mengetahui akan adanya ulangan harian. berbagai kemungkinan penyebab masalah tersebut harus diselediki, sehingga kita dapat mencari solusinya dan masalah dapat segera teratasi

A. Soal Ulangan Tidak Sesuai dengan Indikator Ketercapaian Belajar

Sebagai guru, kita harus mengindentifiksi penyebabab terjadinya masalah tersebut, kita dapat memulainya dengan memeriksa soal ulangan harian, apakah sudah sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran ataukah belum. Sebagai acuan, berikut bebeapa kaidah penulisan soal yaang harus diperhatikan oleh guru, antara lain s

1. Segi Materi

2. Segi Konstruksi

3. Segi Bahasa

B. Peserta Didik Kurang Menguasai Materi Pelajaran

Kemungkinan penyebab rendahnya hasil ulangan harian yang kedua yaitu peserta didik kurang menguasai materi pelajaran. Kemungkinan tersebut bisa muncul karena beberapa hal sebagai berikut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun