Dalam kesehariannya, banyak sekali masalah yang dihadapi oleh Customer Service saat melayani customer. Salah satu yang paling umum dialami adalah customer yang minta harga lebih rendah atau diskon lebih, dengan kata-kata seperti, "ngga bisa kurang lagi?"
Kamu sebagai Customer Service sangat hafal bahwa sangat sulit untuk memberikan diskon lebih. Apalagi jika perusahaanmu mengatakan bahwa promo yang diberikan memang sudah tetap dan tidak bisa dinego lagi. Tentu, kamu tidak ingin membuat customer kecewa karena tidak bisa mendapatkan diskon lebih. Di sisi lain, kamu juga tidak mungkin melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan perusahaan. Lalu bagaimana cara meresponnya?
Jika kamu sering menemukan hal seperti itu di lapangan, mungkin 7 cara efektif ini bisa dicoba.
1. Tanyakan Alasan Customer
Customer meminta diskon lebih biasanya karena mereka ingin mendapatkan harga terbaik dari apa yang kita tawarkan. Namun sebagai Customer Service, kamu jangan langsung kendor dan takut tidak closing. Ingat, kamu harus yakin dan percaya diri dengan produk/jasa yang kamu tawarkan.
Tanyakan kepada customer, kenapa mereka ingin mendapatkan diskon lebih? Apakah karena produk/jasa yang ditawarkan, budget mereka terbatas, atau sedang membandingkan produk/jasa dengan pesaing lain? Dengan menanyakan alasannya, kamu akan tahu penjelasan seperti apa yang harus kamu berikan supaya customer yakin dengan harga yang ditawarkan dan tidak meminta diskon lebih lagi.
2. Jelaskan Sejelas-Jelasnya Kelebihan Dari Produk/Jasa Yang Ditawarkan
Kamu harus menggiring customer supaya berpikir bahwa uang yang mereka keluarkan tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan keuntungan yang mereka dapatkan saat menerima tawaranmu. Misalnya, kamu bisa membandingkan kelebihan dari produk/jasa yang kamu ditawarkan dengan produk/jasa sainganmu. Sebutkan sejumlah kelebihan yang akan didapatkan oleh customer saat menerima tawaranmu. Pastikan penjelasannya penuh dengan percaya diri, sehingga customer bisa lebih yakin dengan penawaranmu.
Untuk lebih meyakinkan, kamu bisa menambahkan sejumlah testimoni dari customer kamu sebelumnya yang memiliki masalah yang sama. Jangan hanya satu customer, kamu bisa memberikan beberapa testimoni. Utamakan testimoni before-after, supaya customer kamu bisa lebih yakin.
3. Berikan Kelebihan Dari Kelebihan