Mohon tunggu...
Dini Hashmicro
Dini Hashmicro Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

5 Cara Rahasia Meningkatkan Laba Penjualan di Kafe

25 Juli 2018   14:12 Diperbarui: 25 Juli 2018   14:28 497
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semakin banyak kafe baru yang bermunculan setiap tahunnya, semakin ketat juga persaingannya. Jangankan untuk meningkatkan laba, terkadang mempertahankan jumlah pemasukan standar saja sedikit sulit. Namun, hal ini ini tidak mustahil terjadi. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan laba penjualan di kafe Anda. Dirangkum dari Must Have Menus, dibawah ini adalah 5 cara meningkatkan laba penjualan di kafe.

Tawarkan menu promo

Seringkali, sajian dengan tawaran promosi menu tambahan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan laba penjualan di kafe yang efektif. Misalnya, tambahkan sup, salad, kentang goreng, pastries, ataupun snacks lainnya dengan secangkir kopi. Tunjukkan pada pelanggan Anda bahwa dengan membeli menu promo tersebut, mereka akan mendapatkan keuntungan seperti mendapatkan harga yang lebih murah daripada harga a la carte.

Sarankan paket yang lebih besar

Selain mencoba untuk mengundang lebih banyak pelanggan baru, cobalah untuk memberikan deal spesial untuk pelanggan lama selama mereka mengunjungi kafe Anda. Tawarkan diskon khusus jika mereka menambahkan makanan ketika mereka memesan minuman. 

Atau, cobalah untuk menawarkan mereka paket yang lebih besar jika mereka memesan paket medium. Tunjukkan bahwa paket yang lebih besar akan memberikan keuntungan yang lebih besar untuk mereka. Hal ini dapat membantu meningkatkan keuntungan di kafe Anda. Namun, ingatlah jangan terlalu memaksa staf Anda untuk terlalu agresif saat menawarkan promo tersebut. Hal ini malah akan membuat pelanggan merasa sebal dan terganggu.

Buat acara mingguan/bulanan

Jika ukuran kafe Anda cukup besar, cobalah untuk membuat sebuah acara seperti ulang tahun kafe,  game nights, live music, kuis, stand up comedy, ataupun acara lainnya. Buatlah jadwal acara setidaknya satu kali dalam seminggu. Undang para musisi, figur publik, hingga pembawa acara yang dapat memandu setiap acara yang Anda miliki. Jika memungkinkan, Anda juga dapat menyewa jasa event organizer. Jangan lupa untuk mengumumkan acara tersebut melalui website ataupun media sosial kafe Anda. Beri tahu pelanggan Anda bahwa grup musik atau komika favorit mereka akan hadir di kafe.

Buat akun media sosial

Kita tahu hampir semua organisasi termasuk bisnis restoran maupun kafe memiliki akun media sosial. Media sosial seperti Facebook atau Instagram saat ini menjadi salah satu tools yang sangat powerful dan berpengaruh untuk mempromosikan bisnis Anda. Setelah membuat akun di media sosial, jangan lupa untuk berinteraksi dengan pengikut kafe Anda. Dengan menunjukkan bahwa Anda merespon mereka bukan tak mungkin Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan baru.

Tawarkan Customer Loyalty Program

Banyak bisnis kafe yang mendapatkan laba lebih banyak dengan menawarkan program customer loyalty. Berikan 100 poin untuk pembelian minimal Rp 100,000, misalnya. Setiap poin dapat diakumulasikan dan digunakan kembali untuk mendapatkan diskon atau membeli menu makanan lainnya. Atau setiap mencapai angka poin tertentu, Anda dapat memberikan gratis soda pada jam makan siang atau kopi untuk melengkapi sarapan.

Untuk mempermudah Anda dalam mengelola program customer loyalty, Anda bisa menggunakan bantuan software CRM. Tak hanya dapat membantu mengelola program customer loyalty, CRM juga dapat membantu membuat pelanggan Anda merasa puas dan tetap setia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun