Mohon tunggu...
Hasby Raihan
Hasby Raihan Mohon Tunggu... Lainnya - Haloo

Semoga sehat selalu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi?

26 Februari 2022   19:46 Diperbarui: 26 Februari 2022   19:50 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Oktober 2021, Saya menerima tugas dari Guru mata pelajaran PPKn saya untuk membuat hal yang tidak pernah saya dengar sebelumnya. Tugas tersebut adalah membuat suatu cairan yang bernamakan ekoenzim. 

Menurut saya ekoenzim ini tidak ada hubungan nya dalam mata pelajaran ini. Saya dan teman teman tentunya sangat bertanya tanya akan tugas tersebut. Apa hal yang mendasari Bu dian untuk menugaskan tugas tersebut kepada saya dan teman teman?.  

Kemudian bu Dian menjelaskan bahwa ekoenzim adalah sebuah larutan yang di fermentasi dan mempunyai banyak fungsi untuk kita gunakan. 

Bahan yang digunakan untuk membuat larutan ini bisa memakai kulit buah atau pun sayuran yang tentunya masih segar. Ekoenzim dikatakan mempunyai proses kurang kebih 3 bulan untuk berhasil dibuat. Saya dan teman teman memperkirakan pembuatan ekoenzim ini akan siap dipakai pada bulan januari nanti.

Sesampainya dirumah, saya langsung berniat untuk mengerjakan tugas ini agar tidak telat dalam menunggu proses pengerjaannya. Kebetulan ibu saya baru baru ini membeli buah jeruk dari supermarket. Tidak lama kemudian saya mengambil kulit buah tersebut untuk saya jadikan bahan ekoenzim. Cara membuat Ekoenzim yang ditugaskan oleh Bu Dian adalah sebagai berikut :

Bahan bahan:

Air 500ml

Gula putih/merah 50 gram

Kulit buah / Sayur (saya menggunakan kulit buah jeruk)

Alat :

Botol mineral plastik bekas ukuran 1 liter

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun