Berada di lokasi yang tepat sangat penting untuk kesuksesan suatu bisnis. Keputusan lokasi yang baik secara signifikan dapat meningkatkan kinerja jangka panjang organisasi.
Memiliki strategi lokasi yang baik memungkinkan kita mendapatkan lokasi optimal yang selaras dengan kebutuhan dan tujuan organisasi sehingga perusahaan dapat memaksimalkan peluang sambil meminimalkan biaya dan risiko.
Menurut Heizer dan Render (2021), keputusan lokasi sangat memengaruhi biaya tetap dan variabel yang berdampak besar pada keseluruhan risiko dan keuntungan organisasi. Lokasi dapat menentukan hingga 50% dari biaya operasional. Lokasi yang strategis atau mudah dijangkau oleh konsumen akan membuat konsumen lebih mudah untuk mengunjungi. Namun, perlu diperhatikan bahwa keputusan lokasi bergantung pada jenis bisnis yang dijalankan.
Pontianak, 17 Juli 2023 telah dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat oleh Nindi, Hasanah, dan Magisa dengan tema SEMINAR STRATEGI PENTUAN LOKASI USAHA DAN PEMASARAN SERTA PEMAHAMAN IMPELEMENTASI SAK UMKM BAGI PELAKU USAHA di Institut Bisnis dan Ekonomi Indonesia, Pontianak. perserta merupakan pelaku usaha UMKM di Kecamatan Pontianak Timur, yangberjumlah 26 orang. Kegiatan berlangsung dengan baik tampak dari antusias partisipasi peserta terhadap materi yang disampaikan oleh narasumber yang merupakan akademisi dari Institut Bisnis dan Ekonomi Indonesia. Hasanah memaparkan bahwaÂ
Lokasi bisnis yang tepat diharapkan dapat memenuhi harapan pelaku bisnis untuk menarik pelanggan guna memperoleh keuntungan dan sebaliknya jika terjadi kesalahan pemilihan lokasi maka akan menghambat kinerja bisnis dan otomatis keuntungan yang maksimal tidak akan dirasakan oleh pelaku bisnis. Pemilihan lokasi bisnis yang dekat dengan target pasar dan tersedianya infrastruktur yang memadai merupakan strategi yang memudahkan pelanggan untuk mendapatkan produk atau jasa yang diinginkan. Dengan menempatkan lokasi dekat pelanggan, juga dapat mengurangi biaya pengiriman bahan baku, yang mengarah pada peningkatan keuntungan.
 Dengan demikian, strategi lokasi sangat penting untuk keberhasilan jangka panjang bisnis mana pun, terutama ketika menghadapi masa ekonomi yang sulit. Strategi lokasi terkuat bergantung pada sumber daya yang dimiliki dan bagaimana manajemen berkomitmen dalam memperhatikan faktor-faktor penetapan lokasi serta tetap memperhatikan strategi lainnya untuk mendukung keberlanjutan bisnis kuliner yang dijalani.
Selain itu, strategi lokasi membantu menentukan pasar mana yang tidak hanya cocok secara ekonomi, tetapi juga cocok secara budaya, apakah lokasi berada pada pusat kota atau di tengah perdesaan. Strategi lokasi yang tepat akan mendorong proses bisnis untuk terus bertumbuh dan berkembang kuat secara strategis dan efektif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H