Aksi Nyata Modul 1.1
Assalamu'alaikum Wr. Wb,Â
Salam Bahagia Bapak/Ibu Guru Hebat, perkenalkan nama saya Haryono, saya CGP Angkatan 10 tahun 2024 dari SMP Paramount Palembang, berikut ini saya akan memaparkan aksi nyata dari penerapan filosopi pemikiran Ki Hadjar Dewantara sesuai dengan modul 1.1.
Perasaan selama melakukan perubahan di kelas
Selama mengikuti pendidikan guru penggerak pada modul 1.1 saya menyadari bahwa selama ini saya mengajar di kelas dengan metode teacher center, hal ini menyebabkan pembelajaran tidak berpihak pada murid, sehingga siswa menjadi kurang mandiri, dan tidak memiliki kebebasan dalam berekspresi.
saya banyak belajar tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara, diantaranya dengan mengikuti webinar tentang pendidikan, sehingga saya dapat memperbaiki pola pembelajaran yang saya lakukan
Filosopi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara ini telah memberikan saya pencerahan bahwa sebagai guru bukan hanya sebagai Pengajar akan tetapi juga seorang Pendidik. sebagai seorang pendidik guru haruslah menuntun murid agar dapat menumbuhkan kekuatan kordratnya, baik kordrat alam maupun kodrat zaman.Â
Guru harus menjadi teladan yang baik bagi murid. Sebagai guru kita seharusnya mengedepankan rasa peduli dibanding menumbuhkan rasa berkompetisi di antara sesama murid. seperti pepatah yang mengatakan bahwa "seorang murid tidak peduli betapa banyak pengetahuan gurunya, tapi seorang murid hanya tahu seberapa besar guru peduli kepadanya", itu artinya dengan perhatian dan rasa peduli kita terhadap murid, akan dapat menumbuhkan semangat belajar bagi murid.
Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahanÂ