Pada jenjang pendidikan dasar proses mendidik bisa jadi memerlukan energi yang lebih besar bagi para pendidikn di Sekolah Dasar dibandingkan dengan pendidik di jenjang menengah , karena pada tingkat dasar ini terutama pada kelas 1, 2, dan 3 guru harus pandai-pandai memilih dan menyajikan pengetahuan kepada peserta didik. Karena [ada tingkat ini anak bisa dikatakan dalam masa transisi dari taman kanak- kanak. Â Dalam memberikan pendidikan pada tingkatan ini seorang guru harus meningkatkan kesabarannya , harus memberikan kasih sayang dan perhatian yang lebih kepada mereka sehingga anak bisa menjadikan sekolah sebagao rumah kedua dan guru sebagai orang tua mereka di sekolah.Â
Untuk memberikan pelayanan yang tepat pada anak seorang guru pada jenjang sekolah dasar harus memahami bagaimana bagaimana karakteristik anak pada usia ini, mereka merupakan individu yang masih sangat belia yakni antara usia 6 - 12 tahun. Karakteristik anak usia sedolah dasar diantaranya adalah senang bermain, cenderung bergerak dan susah diam, suka bekerja dan bermain dalam kelompok, serta selalu ingin merasakan pengalaman langsung dalam kehidupannya. Â Dalam konteks ini anak juga cenderung ingin bermain menghabiskan waktu nya hanya untuk bermain. Â Hal ini cenderung kita biarkan agar tidak mengalami masa kecil kurang bahagia, sebaiknya guru dan orangv tua tidak boleh dibatasi dalam bermain tentunya dengan pengawasan dan bimbingan guru maupun orang tua.Â
Karakteristik yang selanjutnya adalah bahwa anak di usia ini cenderung bergerak dan susah diam. Â Pada karakter ini secara langsung dapat ditumbuh kembangkan ketika anak bermain yang di dalamnya berisi berbagai keterampilan gerak yang bermanfaat untuk memperkuat otot-otot tubuh. Â Karakter selanjutnya adalah senang bekerja dalam kelompok, maksudnya adalah sebagai manusia anak-anak juga memiliki insting sebagai makhluk sosial yang cenderung ingin bersosialisasi dengan yang lain. Dalam kelompok tersebut anak belajar mentaati aturan yang telah dibuat, belajar menerima perbedaan, setia kawan dan bertanggung jawab.
Karakter anak-anak yang berikutnya adalah senang diperhatikan dan suka meniru, mereka adalah pribadi yang haus akan perhatian baik di rumah maupun di sekolah, sebagai contoh anak akan merasa bila ditanggapi oleh guru saat masuk ke kantor atau ketika menghadang bapk ibu guru untuk sekedar melaporkan kejahilan temannya dan sebagainya. Â Selain ingin diperhatikan, anak juga mencari figur yang sering mereka lihat dan mereka temui pada kehidupan sehari-hari. Pada hal ini media televisi memberikan pengaruh yang besar bagi anak-anak usia sekolah dasar. Oleh karena itu sangatlah penting bagi para orang tua untuk melakukan pendapingan kepada mereka disaan menonton televisi.Â
Setelah mengenal dan memahami karakteristik anak usia sekolah dasar, langkah guru adalah menjadikannya dasar pengetahuan untuk dapat menyajikan dan memiliki strategi dalam mendidik anak dengan pola yang tepat serta efisien diantaranya dengan tehnik belajar sambil bermain, dengan tetap berpedoman bahwa bermain merupakan cara untuk bereksplorasi dan bereksperimen dengan dunia sekitar sehingga mereka akan menemukan sesuatu dan pengalaman yang mereka lakukan sendiri.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H