Saat ini kita memasuki era baru yakni revolusi industri generasi keempat (Revolusi Industri 4.0) yang menekankan pada pola digital economy, big data dan sebagainya. Pemerintah Indonesia sendiri telah meresmikan peta jalan atau roadmap yang disebut Making Indonesia 4.0 dengan harapan dapat meningkatkan daya saing industri nasional di kancah global, sert dapat menjadikan Indonesia sebagai 10 (sepuluh) besar ekonomi dunia pada Tahun 2030.Â
Dalam penerapan awal Revolusi Industri 4.0 ini, Indonsia berfokus pada 5 (lima) sektor manufaktur yakni industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, elektronik dan kimia.
Salah satu perusahaan yang tidak mau ketinggalan dalam mendukung rencana roadmap pemerintah tersebut adalah Mbizmarket. Mbizmarket adalah B2B marketplace untuk belanja perusahaan dengan solusi e-procurement (pengadaan secara elektronik), membantu pengadaan perusahaan secara menyeluruh. Dengan hadirnya Mbizmarket dapat melayani banyak tipe customer yang berasal dari industri kecil dan menengah sehingga dapat memasarkan produknya dengan jangkauan yang meluas dan harga kompetitif.
Seperti layaknya marketplace pada umumnya, Mbizmarket dengan dukungan sistemnya yang terbaik, menyediakan puluhan ribu produk dan ribuan penjual terpercaya seperti pakaian, tekstil, dan aksesoris, elektronik dan komunikasi, kesehatan dan kecantikan, peralatan rumah, peralatan kantor hngga penyediaan jasa bagi kebutuhan perusahaan.
Dengan hadirnya Mbizmarket pada era Revolusi Industri 4.0 ini dapat menjadi solusi terhadap beragam hambatan dan permasalahan umum yang sering dialami oleh banyak perusahaan-perusahaan dalam memenuhi kebutuhan akan barang konvensional. Dengan tersedianya marketplace dengan sistem yang lebih efisien ini dan fitur-fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.
Tidak heran apabila Mbizmarket telah melayani pengadaan perusahaan dengan skala besar selama 3 (tiga) tahun terakhir ini. Solusi yang diberikan Mbizmarket tidak hanya dari segi efisiensi biaya, namun juga efisiensi proses yang lebih cepat, dengan manpower yang sedikit, proses pengadaan yang aman, transparan sesuai standar kepatuhan tapi Mbizmarket juga memberikan solusi berupa pengantaran ke seluruh wilayah Indonesia.
Mbizmarket sebagai B2B marketplace untuk belanja perusahaan juga menjangkau pasar UMKM dengan menawarkan fasilitas untuk melakukan perbandingan satu harga pada satu halaman yang sama secara real time. Dari perusahaan pengadaan barang dan jasa juga berpeluang untuk mendapatkan penawaran harga khusus.Â
Opsi penawaran termin pembayaran dapat dipilih dan disepakati hingga kerja sama kontraktual. Untuk kepentingan regulasi terkait perpajakan, Mbizmarket juga akan memberikan tanda untuk perusahaan penyedia barang dan jasa yang merupakan perusahaan kena pajak (PKP) atau bukan.
Keunggulan Mbizmarket dari marketplace lainnya tentunya adalah dukungan yang besar diberikan oleh Mbizmarket terhadap kemajuan UMKM di seluruh Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya secara optimal sebagai perusahaan penyedia barang atau jasa untuk keperluan e-procurement dengan sistem yang lebih efisien, transparansi dan akuntabilitasnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H