Pendidikan merupakan suatu usaha manusia dalam proses pembangunan diri baik secara fisik , spiritual . Pendidikan memerlukan suatu tempat atau wadah pembelajaran agar dapat dikembangkan atau digali atas potensi yang dimilikinya, salah  satunya dengan Pendidikan di sekolah ( kelas ).Pendidikan atau pembelajaran di kelas sangat perlu kita sebagai guru perhatikan ,dikarenakan ini merupakan  landasan pembentukan generasi masa depan, tetapi sayangnya, masih ada sejumlah permasalahan yang saya temui dalam proses pembelajaran di kelas menghambat proses pembelajaran. Selama saya mengikuti program pendidikan profesi guru di Universitas Tanjung pura, saya diberikan ilmu atau materi bagaimana cara mengidentifikasi kasus atau permasalahan di kelas yang menurut saya sangat penting untuk seorang guru laksanakan, khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas. Beberapa faktor yang saya temui di kelas mengapa siswa cenderung tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran bahasa inggris adalah sebagai berikut :
1. Motivasi atau minat belajar siswaÂ
 Permasalahan : Siswa cenderung kurang aktif ketika guru bertanya atau dalam proses pembelajaran
Solusi : a. Guru memberikan apersepsi sebelum pembelajaran dan lebih aktif memberikan motivasi kepada siswa.
        b. Ciptakan pembelajaran  yang inklusif dan menarik.Â
        c.Libatkan siswa dalam diskusi atau proyek kolaboratif
        d. Kenali dan tanggapi kebutuhan individu siswa untuk memastikan keterlibatan yang lebih baik.
2. Rasa Percaya diri
Permasalahan : Ketika diminta memberikan tanggapan saat diskusi atau saat diberikan tugas presentasi , siswa cenderung diam karena merasa khawatir salah dalam penyebutan kalimat bahasa inggris.
Solusi : Guru memberikan pelatihan diluar materi pembelajaran atau di kegiatan ekstrakurikuler seperti : Penambahan vocabularry , English exspression in daily activity sehingga siswa akan lebih percaya diri ketika pembelajaran di kelas .