Sering kali saya mendengar gaung di media bahwa BNI mencoba untuk menjadi pelopor perbankan berbasis digital. Namun sangat disayangkan iBanking, salah satu basis penting untuk Go Digital, menurut saya masih jauh dari standar baik. Beberapa hal di bawah didasarkan dari pengalaman pribadi saya sebagai pengguna BNI dan dimaksudkan untuk memberikan kritik membangun.
Supaya lebih jelas, saya merujuk kepada layanan iBanking yang dapat diakses pengguna BNI melalui perangkat desktop atau mobile jadi beberapa aspek tidak berlaku apabila kita menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking.
Berikut beberapa hal yang masih dapat ditingkatkan menurut pendapat saya.
User interface yang tidak update
Begitu kita masuk ke dalam iBanking BNI pasti pengguna dapat merasakan bahwa sistem ini dibuat sudah lama sekali dan jarang diperbarui. Salah satu indikatornya adalah penggunaan text yang masih mendominasi seluruh interface, minim penggunaan ikon yang seharusnya jauh lebih user friendly.
Selain itu, tidak ada tautan ke layanan digital BNI yang lain, seperti uang elektronik UnikQu dan fasilitas pembayaran yap! Semua seperti dibuat terpisah dan tidak ada sinergi satu sama lain.
Sistem verifikasi juga masih jadul menggunakan dongle fisik sementara banyak bank lain sudah beralih ke PIN virtual dengan sistem dual verifikasi menggunakan SMS.
Perlu ada pembaruan interface yang menyeluruh dan mengedepankan pengalaman pengguna. Feel yang perlu didapat seharusnya modern, bukan retro.
Sistem log out yang tidak nyaman
Login baru tidak diijinkan. User-id Anda terdeteksi sedang login saat ini atau sebelumnya Anda keluar aplikasi tanpa menekan tombol logout.
Entah sudah berapa kali saya mendapatkan notifikasi eror ini. Penyebabnya? Sistem membutuhkan waktu untuk mendeteksi bahwa pengguna sudah keluar dari iBanking meskipun jendela browser sudah ditutup.