Mohon tunggu...
Harry Dethan
Harry Dethan Mohon Tunggu... Wiraswasta - Health Promoter

Email: harrydethan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

1000 HPK, Investasi Terbaik untuk Masa Depan Anak

2 Januari 2019   08:54 Diperbarui: 2 Januari 2019   09:35 3904
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: findingcoopersvoice.com


Setiap orang tua pasti memiliki harapan yang sangat besar bagi anaknya. Jika diberikanpertanyaan tentang masa depan anaknya, orang tua yang baik akan mengatakan bahwamereka ingin anak mereka sukses, bisa hidup dengan baik atau memiliki masadepan yang cerah. Hal tersebut merupakan hal yang normal. 

Bahkan ada yangmengatakan bahwa orang tua akan rela memberikan segalanya, termasuk hidupnyademi anaknya. Untuk mempersiapkan masa depan anak yang baik, banyak hal yangharus diperhatikan dengan baik pula sejak anak lahir. Khususnya kesehatan sanganak.

Namun, terkadang sering kita temui beberapa hal yang justru membuat prosesmenuju masa depan sang anak yang diharapkan menjadi hancur ataupun tidak sesuaidengan kenginan. Hal tersebut bahkan tidak disadari oleh para orang tua. Bisa jadi karena kurangnya persiapan atau perencanaan dalam memiliki anak, kurangnyasumber daya, ataupun kurangnya pengetahuan.

Khususuntuk pengetahuan, ada banyak hal yang harus dikuasai atau diketahui bagi semuaorang yang ingin menikah dan memiliki anak. Hal ini diharuskan agar dalammempersiapkan kelahiran anak dan dalam proses membesarkan sang anak, orang tuadapat melakukan tindakan-tindakan yang tepat. 

Salah satu pengetahuan yangsangat penting diketahui oleh para calon orang tua dan orang tua adalah tentang1000 hari pertama kehidupan atau yang biasa disebut dengan 1000 HPK. Mungkinsaja ada yang sudah sering mendengar tentang istilah 1000 HPK lewat  televisi, radio, media masa, online, dan lainsebagainya. Namun, ada juga yang mungkin sama sekali tidak tahu akan hal ini,maupun pernah mendengar tentang istilah 1000 HPK, akan tetapi tidak memahaminyadengan baik.

1000hari pertama kehidupan atau 1000 HPK adalah masa-masa yang sangat penting dalamkehidupan seorang anak. Masa ini biasanya disebut dengan masa 'emas', karenasangat berharga. Jika masa ini terlewatkan, tidak akan bisa digantikan lagidengan masa-masa berikutnya. Seperti istilahnya, masa 1000 HPK memang berjumlahkurang lebih selama 1000 hari. 

Masa ini dimulai sejak bulan pertama ibu mulaimengandung anak hingga dilahirkan, dan terhitung sampai sang anak berusia 2tahun. Mengapa para calon orang tua dan orang tua harus mengetahui dan memahamitentang 1000 HPK? Tentu saja agar dalam proses merawat dan membesarkan anak,orang tua dapat merawatnya secara tepat, sehingga dapat menghasilkan anak yangsehat, kuat dan cerdas. 

Jika masa ini tidak diperhatikan dengan baik, maka anaksangat berisiko terkena masalah kurang gizi, baik secara akut (kurus kering,dll) dan secara kronis (pendek atau stunting). Dampak negatif yang timbul tidakhanya terlihat saja secara fisik, namun juga berdampak pada pertumbuhan otakanak yang tidak mampu berpikir dengan baik nantinya pada masa-masa sekolah,kerja dan lain sebagainya. 

Lantas, bagaimana cara memahami 1000 HPK danmenjalankan dengan baik? Seperti sebutannya, 1000 HPK terdiri dari kurang lebih1000 hari dan agar lebih mudah mengingat dan memahaminya, kita dapat membaginyamenjadi 3 bagian 1000 HPK. 

Ilustrasi: sarihusada.co.id
Ilustrasi: sarihusada.co.id
Bagian pertama dari 1000 HPK adalah masa kehamilan ibu yang kurang lebih berjalanselama 9 bulan 10 hari atau berlansung selama 270 hari. Pada masa ini, sanganak berkembang dengan mengambil nutrisi dari ibunya untuk pertumbuhan. 

Oleh karena itu, pastinya ibu sangat membutuhkan asupan gizi yang cukup untukanaknya dan tentunya untuk dirinya sendiri, seperti kata orang, "ibu makanuntuk dua orang". Jika ibu menginginkan agar anaknya lahir dengan berat badandan panjang badan yang optimal, makanan yang dikonsumsi harus cukup danbergizi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun