Kadang heran juga ya jika ada karyawan baru harus cuti sehari dulu mengurus pembukaan rekening di sebuah bank. Mereka melakukan ini karena harus membuka rekening yang sesuai dengan system payroll kantor, jadi harus buka rekening di bank yang sama. Tapi yang mengherankan adalah kenapa harus sampai cuti sehari? Memang sih saat ini untuk membuka rekening baru di bank harus dilakukan saat hari kerja dan jam kerja. Dari hari senin sampai jumat. Jam 9 pagi sampai jam 3 sore.
Padahal seiring dengan kemajuan teknologi, dari sisi transaksi perbankan sudah semakin mudah. ATM kini bukan hanya bisa mengambil tunai saja, tapi bisa juga simpan secara tunai, transfer, bayar berbagai tagihan, dan lain-lain. Menabung juga bukan hanya bisa di bank saat membuka rekening, tapi juga bisa di bank cabang lainnya. Teknologi internet semakin memudahkan dengan adanya e-banking atau mobile banking. Dengan teknologi tersebut dimanapun, kapanpun, selama masih ada jaringan internet dan masih ada saldonya tentu saja –kita bisa melakukan transaksi perbankan apa saja, kecuali setor dan tarik tunai tentunya.
Nah itu dari sisi transaksi perbankan. Bagaimana dengan sisi pelayanan nasabah? Ya kalau kita masuk ke bank sih pasti kita dibukakan pintu oleh security, disapa oleh customer service dan diberi senyum paling manis oleh teller. Sepertinya hampir semua bank sudah melakukan hal itu. Tapi bagaimana dengan system pembukaan rekening baru? Apakah masih menggunakan cara-cara tradisional seperti di atas?
Saat ini di luar negeri sudah ada layanan branchless banking ya itu layanan bank yang bisa dilakukan bukan di kantor cabang seperti e-banking dan mobile banking. Dalam bank tersebut kita juga bisa melakukan pembukaan rekening baru dan langsung komunikasi secara interaktif dengan teller virtual. Seperti layaknya di sebuah bank, tapi ini melalui teknologi audio-visual. Ini bisa menjadi solusi bagi para nasabah yang tidak lagi memiliki cukup waktu untuk mengurus hal-hal seperti kejadian di atas.
Sudah waktunya bisnis perbankan di Indonesia melakukan terobosan-terobosan seperti itu untuk lebih mempermudah nasabah jika mengalami kesulitan. Seperti tidak perlu membuka rekening baru di kantor cabang. Bahkan bisa juga membuka cabang di mall yang waktunya menyesuaikan jam buka tutup dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Termasuk buka juga saat weekend, dimana hari kunjungan ke mall memasuki masa puncaknya.
Jika ada bank yang bisa menyediakan layanan seperti itu pasti akan banyak diminati dan dibanjiri nasabah baru. Kita tunggu saja apakah ada bank yang menyediakan layanan seperti itu? Jika ada bank seperti itu tidak sungkan saya mengucapkan, “That’s MyBank MyWay”.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H