"The Secret of Change is to focus all of your energy, not on fighting the old, but on building the new" -Socrates
Globalisasi dan perkembangan teknologi yang begitu cepat membawa kita pada era revolusi industri 4.0, yakni suatu era yang menekankan pada pola digital economy, artificial intelegence, big data, robotic dan sebaigainya.
Fenomena ini banyak juga yang menyebutnya sebagai disruptive innovation. Yaitu Innovasi yang membantu menciptakan pasar baru, mengganggu atau merusak pasar yang sudah ada, dan pada akhirnya menggantikan teknologi yang sudah lama tersebut.
Innovasi ini mengembangkan suatu produk atau jasa pelayanan dengan cara yang tidak diduga pasar, umumnya dengan menciptakan jenis konsumen berbeda pada pasar yang baru dan menurunkan harga pada pasar yang lama. Contoh terbaru ialah Gojek, salah satu penyedia layanan transportasi on line yang berkembang sangat pesat di Indonesia. Berawal dari bisnis ojek motor on line (go-ride) berkembang dengan sangat cepat dan pesat diversifikasinya menjadi go-food, go-car, go-send, go-box, go-bluebird, go-clean, go-massage, go-points, go-pulsa, go-bills, go-shop, go-mart,go-glam, go-tik, go-auto, go-med, bahkan sampai go-bushway.
Oleh karenanya, di dunia penjualan, agar kita bisa tetap bertahan dan terus bertumbuh, kita harus memfokuskan energi kita, bukan untuk bertarung atau terjebak dengan pola lama, melainkan harus membangun atau mengembangkan sesuatu yang baru. Untuk seorang sales, hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang untuk selalu melakukan improvement secara kreatif dan innovatif untuk mencapai hasil yang ekstra ordinary..
Omar Periu, seorang multi milyarder di usia 31 tahun dan ia juga menyandang predikat sebagai The Master Motivational Teacher mengemukakan bahwa :
"Sales Success comes after your stretch yourself past limit on a daily basis"
Keberhasilan penjulan datang setelah Anda meregangkan diri Anda melewati batas Anda setiap hari. Bagaimana caranya agar bisa menjadi salesman hebat dan berhasil menjual lebih banyak dan berlipat dibandingkan yang lain ? jawabannya ialah kita harus memiliki 6 S, diantaranya ialah :
Smart Character
Seorang salesman harus bisa mengenal keunggulan apa yang ia miliki dan terus dikembangkan serta mengetahui titik lemah yang perlu diperbaiki guna menunjang kinerja yang optimal. Pola pikir, sikap positif, respek terhadap pelanggan dan sikap tekun yang mendominasi segenap aktivitas yang ia lakukan akan membawanya pada puncak kesuksesan. Kesadaran akan pentingnya karakter positif merupakan pondasi bagi keberhasilan didalam meningkatkan penjualannya secara konsisten dan persisten.