[caption id="attachment_342671" align="alignnone" width="641" caption="Hasil review Datsun GO+ Panca (harjasaputra)"][/caption]
Tabel di atas adalah summary dari hasil review saya terhadap mobil Datsun GO+ Panca yang diproduksi oleh PT. Nissan Motor Indonesia, pada acara "Kompasiana Drive & Ride: Tantangan Hemat bersama Kompas Otomotif dan Datsun GO Panca", yang dilakukan seharian pada hari Minggu (21/12/2014).
Arti Plus pada Datsun GO+ Panca?
Apa arti "Plus" pada Datsun GO+ Panca? Secara fisik tanda plus pada Datsun GO+ untuk membedakan jenis mobilnya. Plus menunjukkan jenis mobil MPV dengan tambahan kursi di belakang sehingga muat 5+2 penumpang. Adapun Datsun GO (tanpa plus) adalah jenis mobil Hatchback tanpa tambahan kursi belakang.
[caption id="attachment_342645" align="aligncenter" width="606" caption="Tambahan kursi di belakang hingga muat 5+2 penumpang (harjasaputra)"]
Mesin dan Performa Datsun GO+
Kebetulan saya mendapat bagian menjajal mobil jenis MPV alias Datsun GO+ Panca. Jadi, review dalam tulisan ini adalah pada jenis mobil MPV, mobil keluarga, sehingga tidak mencakup untuk jenis Hatchback.
Secara spesifikasi mesin tidak ada yang beda: baik Datsun GO maupun GO+ Panca, kedua-duanya bermesin 1200cc (1.2 L) dengan mesin menggunakan jenis yang sama seperti yang disematkan pada Nissan March, yaitu mesin HR12DE.
[caption id="attachment_342653" align="alignnone" width="599" caption="Ruang mesin (foto: Dzulfikar)"]
Maksimum output mesin Datsun GO+ adalah 50 ps (singkatan dari Pferderstaer, satuan daya kuda dalam bahasa Jerman atau dalam bahasa lain Horse Power/HP), dengan daya Torsi 104 nm.
Daya mesin ini cukup kuat, hal itu dapat terasa dari tarikan mobil yang cukup responsif dan dapat membelah jalanan tol hingga menembus angka 120 hingga 140 km/jam.