Mohon tunggu...
Moh. HariyadiTL
Moh. HariyadiTL Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Guru Matematika SMA Tunas Luhur Paiton Probolinggo Ingin menciptakan pembelajaran matematika yang Kreatif, inovatif dan Humanis dengan melakukan Learning on service for student future. Pengalaman: Ketua Karang taruna Desa Wonosobo Dosen STAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi Dosen Pokjar IAI Nurul Jadid Probolinggo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Coretan diklat Online Q Angkatan 1 P4TK MATEmatika

3 September 2013   13:53 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:26 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Materi yang dibuat jurnal kegiatannya:

1.Internet

Catatan:

Pertama.

Mendaftar di kompasiana di alamat http://www.kompasiana.com , kemudian menulis cerita inspiratif, menulis ternyata sesuatu hal yang lumayan harus kita pelajari, kami membuat judul “ Dulu Guruku Sekarang Tetap Guru walau Sekarang Berbeda” ini pengalaman pribadi saya ketika waktu mengajar di perguruan tinggi di Banyuwangi. Dalam hal menulis kami masih banyak kendala bahkan kami harus mengulang membaca bahasa sendiri yang tidak nyambung, sehingga kami tulis ulang cerita yang sudah di tulis. Kemudian hasil tulisan di masuk di link group di facebook agar nantinya semua tugas peserta di terkumpul disana dalam satu link kumpulan inspiratif guru. Saran: kita adakan lomba cerita inpiratif untuk guru.

Membuat media pembelajaran dengan merekam / record video, kami menggunakan Screncast O-Matic dengan Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Kemudian mengupload di youtube dan alamat kami di: Link: http://youtu.be/32lr09klp8U . Catatan pada pembuatan media ini, kendala kami pada awal merecord suara, hasil pertama suara kurang jernih, kami yang ketiga kalinya baru menghasilkan suara yang lumayan jelas. Kemudian hasil record di masuk di link group di facebook agar nantinya semua tugas peserta di terkumpul disana dalam satu link kumpulan video pembelajaran yang sumbernya di youtube.

Kedua.

Pada kali ini kami masuk ke E-Learning sebenarnya yaitu etraining.p4tkmatematika.org di petunjuk awal kami harus melakukan ini:


  • browser Mozilla FF. Silahkan unduh di sini.
  • Unduh Flash Player terbaru di sini.
  • Unduh Java update di sini.
  • Unduh GeoGebra di sini.

Melakukan registrasi online dan menerima email konfirmasi dari admin.
mendownload panduan login klik di sini.

Pada hari pertama kami mengikuti pretest untuk menguji kemampuan awal dari peserta dan membaca panduan teknis semua panduang yang harus download dan yang di emailkan ke email kami.

Kami mengomentari semua yang membuat tulisan baik oleh admin dan teman-teman diklat yang lain yang tujuannya kami sharingmasalah materi dan teknis.

Mengerjakan tugas aktifitas i dan aktifitas 2 dan memindah tulisan inspiratif ke tugas di forum publikasi link artikel blog dan untuk video di publikasi video screencast. Mencari artikel atau materi baik yang berupa jurnal ilmiah atau artikel pendidikan dari www.google.com dan kami mengambil atau mencari dengan tema dimensi tiga seperti link

Topik yang dicari: Ruang Dimensi Tiga
Hasil pencarian:
1.Alamat/link: http://journal.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/viewFile/3096/456
Alasan kelayakan: Jurnal ini membahas tentang pengaruh media pembelajaran dua dimensi,tiga dimensi, dan bakat mekanik terhadap hasil belajar sistem pengapian motor bensin

2.Alamat/link: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/232

Alasan kelayakan : Jurnal ini membahas tentang penggunaan media tiga dimensi dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV materi bangun ruang

3.Alamat/link: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/1460

Alasan kelayakan: jurnal ini membahas tentang analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi ruang dimensi tiga ditinjau dari gaya kognitif siswa

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun