Mohon tunggu...
Haris Adhitya
Haris Adhitya Mohon Tunggu... Buruh - Pekerja dan mahasiswa part time

Pemalas yang belajar rajin

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Bimtek Pemasaran di Era Digital Marketing dan Penguatan Kapasitas Produksi UMKM Kue Bolu Emprit dan Kue Es

17 Agustus 2022   07:14 Diperbarui: 17 Agustus 2022   07:18 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Bantu UMKM Tetap Berkembang di Tengah Gempuran Teknologi yang semakin canggih, Mahasiswa UNIMA Sosialisasikan Penggunaan Shopee Untuk Penjual

Mahasiswa UNIMA melaksanakan program sosialisasi mengenai Penggunaan Shopee sebagai Media Penjualan UMKM. Tujuan utama dilaksanakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran kepada para pelaku UMKM di DUSUN KRAJAN 2, DESA GRABAG, KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG. pentingnya pemanfaatan media digital dalam melakukan penjualan di tengah perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti pada masa sekarang ini .

Sebelum melaksanakan program sosialisasi ini, Mahasiswa UNIMA di Desa Krajan telah melakukan survey untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM ini. Berdasarkan survey yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa permasalahan yang umumnya dihadapi oleh pelaku UMKM di Desa Krajan adalah sangat minimnya penggunaan teknologi untuk memasarkan dan menjual produk UMKM atau dengan kata lain, belum adanya digitalisasi UMKM di Desa Krajan . Selain itu, para pelaku UMKM belum melakukan pemasaran produknya secara rutin, sehingga produk UMKM tersebut kurang mendapatkan ‘nama’ di kalangan masyarakat. Metode pemasaran yang dilakukan umumnya hanya melalui word of mouth, sehingga lingkup penjualan produk masih terbilang sempit. Selain itu, beberapa UMKM hanya melakukan produksi apabila ada permintaan masuk dari konsumen.

Berangkat dari beberapa permasalahan tersebut, Mahasiswa UNIMA merencanakan suatu pendekatan interaktif yang dapat menjadi solusi untuk mengatasi beberapa permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialiasi pada kelompok-kelompok kecil yang ada di Krajan . Sosialisasi yang dilakukan adalah mengenai digitalisasi UMKM yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran dan penjualan. Lebih tepatnya, sosialisasi yang diberikan adalah mengenai pentingnya penggunaan Shopee sebagai media penjualan digital UMKM.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 23 Juli 2022 . UMKM roti es dan bolu emprit dipilih sebagai target sasaran kegiatan sosialiasi karena kelompok ini banyak memberdayakan anggotanya untuk mengikuti pelatihan-pelatihan dalam rangka meningkatkan kondisi perekonomian anggotanya dan masyarakat sekitar.

Pada kegiatan sosialisasi disampaikan beberapa poin yang menjadi pokok utama materi yang disampaikan, yaitu pentingnya penggunaan media digital untuk memasarkan dan menjual produk serta tata cara penggunaan Shopee bagi penjual. 

Setelah kegiatan sosialisasi selesai, Harapannya, penjual mampu menggunakan Shopee sebagai media pemasaran dan penjualan untuk meningkatkan penjualan produk di masa mendatang sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat lingkungan sekitarnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun