Bantu UMKM Tetap Berkembang di Tengah Gempuran Teknologi yang semakin canggih, Mahasiswa UNIMA Sosialisasikan Penggunaan Shopee Untuk Penjual
Mahasiswa UNIMA melaksanakan program sosialisasi mengenai Penggunaan Shopee sebagai Media Penjualan UMKM. Tujuan utama dilaksanakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran kepada para pelaku UMKM di DUSUN KRAJAN 2, DESA GRABAG, KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG. pentingnya pemanfaatan media digital dalam melakukan penjualan di tengah perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti pada masa sekarang ini .
Sebelum melaksanakan program sosialisasi ini, Mahasiswa UNIMA di Desa Krajan telah melakukan survey untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM ini. Berdasarkan survey yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa permasalahan yang umumnya dihadapi oleh pelaku UMKM di Desa Krajan adalah sangat minimnya penggunaan teknologi untuk memasarkan dan menjual produk UMKM atau dengan kata lain, belum adanya digitalisasi UMKM di Desa Krajan . Selain itu, para pelaku UMKM belum melakukan pemasaran produknya secara rutin, sehingga produk UMKM tersebut kurang mendapatkan ‘nama’ di kalangan masyarakat. Metode pemasaran yang dilakukan umumnya hanya melalui word of mouth, sehingga lingkup penjualan produk masih terbilang sempit. Selain itu, beberapa UMKM hanya melakukan produksi apabila ada permintaan masuk dari konsumen.
Berangkat dari beberapa permasalahan tersebut, Mahasiswa UNIMA merencanakan suatu pendekatan interaktif yang dapat menjadi solusi untuk mengatasi beberapa permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialiasi pada kelompok-kelompok kecil yang ada di Krajan . Sosialisasi yang dilakukan adalah mengenai digitalisasi UMKM yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran dan penjualan. Lebih tepatnya, sosialisasi yang diberikan adalah mengenai pentingnya penggunaan Shopee sebagai media penjualan digital UMKM.
Kegiatan sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 23 Juli 2022 . UMKM roti es dan bolu emprit dipilih sebagai target sasaran kegiatan sosialiasi karena kelompok ini banyak memberdayakan anggotanya untuk mengikuti pelatihan-pelatihan dalam rangka meningkatkan kondisi perekonomian anggotanya dan masyarakat sekitar.
Pada kegiatan sosialisasi disampaikan beberapa poin yang menjadi pokok utama materi yang disampaikan, yaitu pentingnya penggunaan media digital untuk memasarkan dan menjual produk serta tata cara penggunaan Shopee bagi penjual.Â
Setelah kegiatan sosialisasi selesai, Harapannya, penjual mampu menggunakan Shopee sebagai media pemasaran dan penjualan untuk meningkatkan penjualan produk di masa mendatang sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat lingkungan sekitarnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H