AKSI NYATA MODUL 3.3
Oleh
HARIRATUZ ZULFA, CGP Angkatan 4 Kelas 117-B dari SMAN 1 Rejotangan
Kabupaten Tulungagung
Fact (Peristiwa)
Salah satu Visi Sekolah SMA Negeri 1 Rejotangan adalah mewujudkan peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, mandiri kreatif dan inovatif. Untuk meraih visi tersebut dirancanglah sebuah program yang mampu mendukung tercapainya visi sekolah. Praktik kegiatan aksi nyata yang telah saya lakukan di kelas dengan melaksanakan program BerSeMANGAT khususnya sesuai dengan mapel yang saya ampu yaitu matematika.
Kegiatan diawali dengan siswa melaksanakan kegiatan literasi matematika dengan topik sejarah matematika, ilmuwan matematika, dan manfaat matematika dalam kehidupan. Pada elemen Beriman siswa menemukan begitu banyak keterkaitan ayat dalam kitab suci Al-quran dengan ilmu matematika serta kisah Rasulullah sebagai pedagang yang tentunya tidak terlepas dari ilmu matematika. Sehat tercermin dengan semakin sering kita berpikir dan berlatih soal matematika akan semakin melatih keterampilan kinerja otak. Mandiri tercermin dari siswa yang menyelesaikan soal matematika sesuai dengan pemahaman yang dimiliki. Antusias saat mereka berebut ingin menyampaikan kaitan matematika dalam kehidupan. Nasionalisme tercermin dalam nilai-nilai luhur matematika yaitu kejujuran dan keselarasan. Pada materi induksi matematika kita diarahkan untuk tidak melakukan manipulasi data untuk mencari kebenaran. Gotong-royong tercermin saat siswa saling berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran. Pada elemen Aktif dan Terampil tercermin saat siswa mencari sumber materi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.
Hasil dari program ini mampu membuat siswa memahami pentingnya ilmu dan keterkaitan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadikan manusia yang mensyukuri segala nikmat yang diciptakan dan diberikan Tuhan.
Feelings
Saya merasa sangat bangga dan senang dengan apa yang murid lakukan karena mereka sudah mampu mengembangkan keterampilan berpikirnya khususnya dalam mengaitkan ilmu matematika dengan program BereMANGAT. Saya juga semakin ingin berinovasi dengan mengembangkan program ini terlebih melihat betapa antusiasnya siswa di kelas. Karakter Profil Pelajar Pancasila yang muncul dalam Proyek ini adalah beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, gotong-royong, bernalar kritis dan kreatif.
Perasaan saat merencanakan aksi nyata ini program yang berdampak pada murid ini adalah merasa tertantang karena program ini harus menekankan pada aspek dampak langsung pada diri siswa misalnya kepedulian aspek lain, literasi, keimanan, kedispilinan,dan aspek lainnya yaitu kemampuan kepemimpinan bisa menjadi bekal siswa untuk kehidupan yang lebih baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Perasaan saat program ini terlaksana sangat bahagia dan juga optimis dengan pencapaian keberhasilannya.