Abstrak
Kurikulum Merdeka adalah kurikulum baru sehingga guru membutuhkan waktu dalam menyesuaikan pembelajarannya dengan kurikulum merdeka ini. Dalam era pendidikan yang semakin terdigitalisasi, guru dituntut untuk mengitegrasikan teknologi dan media pembelajaran ke dalam praktik mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan seorang guru dalam pembelajaran di kelas dengan menggunakan media pembelajaran berdasarkan kurikulum saat ini yang meningkatkan efektivitas pembelajaran dan mencapai kompetensi profesional guru yang lebih baik.
Kata Kunci:Keterampilan Guru, Media Pembelajaran, Kompetensi Profesional Guru.
Â
Pendahuluan
  Pendidikan adalah tonggak penting dalam setiap manusia. Guru sebagai agen utama dalam proses pendidikan, memiliki peran yang sangat krusial dalam membentuk masa depan generasi muda. Perkembangan teknologi dan media pembelajaran yang semakin pesat telah memberikan peluang luar biasa untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pendidikan yang semakin terdigitalisasi, guru dituntut untuk mengintegritasikan teknologi dan media pembelajaran. Analisis keterampilan menggunakan media pembelajaran dalam konteks kompetensi profesional guru merupakan suatu pendekatan penting dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.
  Menganalisis keterampilan menggunakan media pembelajaran sangat penting untuk memahami bahwa setiap guru mungkin memiliki tingkat keterampilan yang berbeda dalam hal ini. Oleh karena itu, pendekatan pengembangan profesional yang personal dan berkelanjutan akan sangat bermanfaat untuk membantu guru meningkatkan kompetensi seorang guru dalam menggunakan media pembelajaran.
  Dalam mencapai keterampilan media pembelajaran kompetensi profesional, guru juga harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana mengintegrasikan teknologi dan media pembelajaran pada saat mengajar. Ini mencakup penguasaan teknologi, kemampuan merancang materi pembelajaran yang sesuai dengan media integrasi yang efektif antara media dan kurikulum, serta kemampuan berkomunikasi dan mengevaluasi dampak penggunaan media tersebut. Oleh karena itu, analisis keterampilan penggunaan media pembelajaran dalam konteks kompetensi guru menjadi kunci dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.
Pembahasan
1. Pengertian Kompetensi Profesional Guru
  Kompetensi profesional guru yang dimaksud adalah guru yang memiliki kompetensi berupa seperangkat penguasaan kemampuan yang harus ada dalam diri agar dapat mewujudkan kinerja secara tepat dan efektif, seperti kemampuan dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, pengajar, pembina, pengasuh, penuntun, dan lain sebagainya. Guru yang tidak memiliki kompetensi dalam proses pembelajaran dapat berakibatkan fatal terhadap pencapaian kualitas dan peningkatan pendidikan. Guru yang memiliki kompetensi dalam menjalankan profesinya dapat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditetapkan lebih efektif dan efesien.