Untuk meningkatkan keterampilan profesionalitas guru, Tim Pengabdian Masyarakat Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang yang diketuai Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M.Pd memberikan bekal melalui pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru Sekolah Indonesia Jeddah yang berlokasi di Hera Complex, District Al Gassalah, Jabbal Nur Saudi Arabia.Â
Kegiatan pelatihan dan pendampingan dibuka oleh Kepala Sekolah Indonesia Jedah, Sutikno, S.Pd.,M.Pd. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari serangkaian kegiatan pelaksanaan workshop peningkatan literasi. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan penguatan literasi sains dan keterampilan proses sains pada guru-guru Sekolah Indonesia Jeddah agar dapat memberikan pembelajaran yang menarik dan dapat dipahami oleh siswa.
Kegiatan yang dihadiri oleh 30 guru Sekolah Indonesia Jeddah ini berhasil terlaksana pada tanggal 14 Mei 2023. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan, pemahaman, keterampilan para Guru Sekolah Indonesia Jeddah terkait literasi sains yang ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru yang diukur menggunakan instrument pre-test dan post-test. Selain peningkatan literasi sains juga telah dilakukan kesepakatan MOU antara Sekolah Indonesia Jeddah dengan Program S2 Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang sehingga guru dapat meningkatkan kualifikasi akademik S2 ke UNNES.
Dalam kegiatan pelatihan ini, ketua tim pengabdian juga melibatkan dosen dari Fakultas Teknik, serta Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan bidang ilmu yang sesuai untuk mendampingi para guru disana. Anggota dari tim pengabdian ini diantaranya adalah Prof. Dr. Rusdarti, M.Si,, Dr. Bambang Subali, M.Pd,, Dr. Tri Suminar, M.Pd,, Dr. Harianingsih, S.T., M.T, serta salah satu mahasiswa S2 Siti Rahmawati.
Salah satu peserta yang merupakan guru SMA Indonesia Jeddah, Ibu Fitriani, S.Pd.I.,M.A menyatakan bahwa program yang dilakukan oleh tim pengabdian UNNES ini sangat bermanfaat dan membuka pengetahuan baru bagi mereka untuk meningkatkan sumber literasi yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran yang tentunya membutuhkan kemampuan literasi sains yang mumpuni.