Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan untuk mengetahui sejauh mana kemampauan siswa dalam menguasai dan memahami suatu pelajaran atau dengan kata lain evaluasi pembelajaran mengulang apa yang telah dilakukan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pada kegiatan belajar mengajar. Tentunya evaluasi pembelajaran menjadi tolak ukur bagi guru untuk mengetahui seberapa tingkat keberhasilan pelajaran yang telah diajarkannya.
Kemampauan belajar siswa tentunya menjadi bahan evaluasi, misalnya saja guru sosiologi di SMA saya memberikan siswanya kesempatan untuk bertanya apa saja yang belum dipahami siswa setelah penyampaian materi dilakukan. Karena kemampuan belajar siswa yang berbeda-beda sesuai dengan karakteristik masing-masing. Kemudian untuk mengetahui tingkat penguasaan materi , guru sosiologi di SMA saya selalu mengadakan evaluasi pembelajaran di setiap minggunya yakni memberikan siswa test tertulis untuk menentukan tindak lanjut penilaian siswa. Selanjutnya guru melakukan evaluasi pembelajaran reguler seperti MID semester dan Ulangan akhir semester.
Manfaat evaluasi pembelajaran bagi siswa yakni mengetahui sejauh mana hasil belajarnya. Dengan adanya penilaian siswa dapatmemotivasi dirinya untuk lebih giat belajar untuk mencapai standar penilaian yang telah ditentukan. Nah itu dari segi kognitifnya, selanjutnya dari segi sikap atau perilaku (Afektif) siswa Tentang kedisiplinan, ketika guru melakukan evaluasi tentang penilaian terhadap sikap, siswa akan sadar bahwa ketika ia memiliki sikap yang baik dia akan berpikir maka penilaian sikap yang diberikan ketika hasil akhir dibagikan ( rapot ) akan mendapatkan hasil yang baik pula,sama degan aspek kognitif siswa juga akan termotivasi sehingga akan berdampak positif terhadap siswa-siswa yang yang lain.
Kemudian manfaat evaluasi pembelajaran bagi guru, mengetahui sejauh mana siswa mencapai penilaian yang telah ditentukan kemudian ditindak lanjuti langkah apa yang tepat untuk kedepannya. Dari hasil penilaian tersebut tentunya guru akan mengetahui metode pembelajaran yang tepat dan yang kurang efektif selama proses belajar mengajar.
Dan yang terakhir, manfaat bagi satuan lingkungan pendidikan dalam hal ini sekolah. Seperti yang kita tahu evaluasi pembelajaran akhir seperti Ujian Nasional ( UN ) sekolah menginginkan semua siswanya yang mengikuti Ujian Nasional dapat lulus dengan seratus persen. Dengan begitu cerminan sekolah dinilai baik oleh kalangan pelajar, guru, dan sekolah itu sendiri.
Nah seperti itulah gambaran tentang evaluasi pembelajaran yang saya ketahui, semoga bermanfaat.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI