Mohon tunggu...
muhammad haqi amrulloh
muhammad haqi amrulloh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Hobi saya membaca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tips Hemat dan Pengelolaan Uang dengan Baik

20 Agustus 2024   01:00 Diperbarui: 20 Agustus 2024   01:10 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

TIPS HEMAT DAN PENGELOLAAN UANG DENGAN BAIK

uang ialah benda atau alat tukar yang digunakan manusia sekarang untuk berbelanja atau membeli sesuatu yang di inginkan. Maka bisa disimpulkan bahwa semakin banyak kamu punya uang maka kamu akan dapat membeli apa saja yang kamu inginkan. Maka dari itu kita juga harus bisa mengelola uang kita dengan  baik supaya kita tidak boros dan menjadi miskin. Dan saya akan memberikan tiga tips hemat,  disclaimer ini versi saya ya, berikut :


1. Membeli apa yang di butuhkan bukan yang diinginkan, seperti misalnya kita membutuhkan HP untuk menghubungi orang dengan jarak jauh tapi kita malah membeli baju. Itu tidak boleh yaa nanti tambah boros
2. Membuat list barang yang ingin kita beli, supaya saat kita berada dalam pasar atau mall kita dapat fokus berbelanja dengan apa yang kita tuju didalam list tersebut bukan malah beli yang lain-lain.
3. Membawa uang secukupnya, supaya kita tidak menjajankan uang lebihan yang kita bawa.

Nah, diatas ialah tips hemat menurut saya semoga para pembaca dapat menjadikan 3 tips hemat saya sebagai referensi. 

Dan kemudian saya akan membahas tentang pengelolaan uang dengan baik yaitu dengan :

1.Buat buku catatan : Tentukan pendapatan dan pengeluaran bulanan. Pisahkan kebutuhan seperti makanan, transportasi, dan tagihan dari keinginan. Agar terhindar dari pengeluaran berlebihan dan memastikan bahwa Anda tidak menghabiskan lebih dari yang Anda peroleh. 

2. Bangun Dana Darurat: Simpan uang lebihan dari sisa belanja bulanan. Dan Ini akan sangat berguna jika menghadapi situasi tak terduga seperti kehilangan pekerjaan atau biaya medis mendadak.

3. Evaluasi Keuangan Secara berkala:seperti mengecek buku catatan keuangan kita setiap minggu sekali ataupun sebulan sekali. Ini agar kita dapat memantau pengeluaran dan pemasukan kita, apakah pengeluaran lebih besar dan sebaiknya. 

Dan yaa saya cuma menuliskan tiga saja karna jika saya Menuliskan semuanya akan sangat tidak enak dibaca karna telalu banyak. Dan semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk para pembacaa. Amin

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun