Lamongan, 29 Juni 2022 -- Kuliah Kerja Nyata atau yang dikenal dengan sebutan KKN adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.Â
Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kewirausahaan merupakan sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan mahasiswa sebagai peserta dan dosen sebagai pembimbing yang berfokus pada tema "Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan di Era Endemi".Â
Kegiatan dilakukan secara individu di domisili masing-masing untuk membantu masyarakat sekitar dalam menumbuhkan perekonomian akibat dampak dari pandemi. Kegiatan ini dilakukan dengan periode pelaksanaan mulai dari tanggal 30 Mei 2022 sampai 30 Juni 2022
Salah satu mahasiswa KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya 2022 yakni, Hapsari Ivana Mardi Putri mahasiswa semester VI dari program studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2019 yang didampingi langsung oleh dosen pembimbing lapangan Bapak Sultoni Fikri, S.IP., SH., M.H. .Â
Dalam melaksanakan kegiatannya KKN di Dsn. Bali Ds. Plumpang Kec. Sukodadi Kab. Lamongan pada UMKM usaha Kue Tart. Permasalahan yang ditemui sebagian di Ds. Bali Dsn. Plumpang, potensi masyarakat dalam berwirausaha masih kurang sehingga perlu dimotivasi agar masyarakat mempunyai jiwa kewirausahaan.
Pendampingan diberikan kepada salah satu wirausaha yang berpotensi berkembang dan sosialisasi mengenai kewirausahaan di lakukan kepada saudari Ratna Anita selaku mitra kerja saya dan masyarakat secara umum yang sudah berwirausaha maupun belum.Â
Pelaksanaan kegiatan pemberdayaan kewirausahaan membuat tumbuhnya kesadaran serta jiwa kewirausahaan pada diri mahasiswa maupun masyarakat guna siap bersaing pada era percepatan ilmu pengetahuan dan teknologi.Â
Rekomendasi yang dapat kami berikan kepada masyarakat Dsn. Bali Ds. Plumpang adalah pemanfaatan internet guna mengejar ketertinggalan pada pasar digital. Juga sangat diharapkan meningkatnya kepercayaan diri pada setiap wirausaha.
Ibu Ratna pemilik usaha kue tart, usaha ini bergerak pada bidang kuliner dan sudah lumayan lama didirikan, pada akhir-akhir ini usaha tersebut mengalami sedikit penurunan, karena di usaha ini mengalami sedikit kendala, seperti kemasan yang digunakan masih sedehana sehingga kurang menarik minat konsumen.
Mahasiswa KKN membantu mitra untuk pengembangan yaitu merubah kemasan yang lebih modern dengan menggunakan mika tumpeng dan mengganti logo lama ke logo yang terbaru yang nantinya akan menjadi logo baru dikemasan produk kue tart. Mahasiswa juga memberi edukasi kepada mitra tentang manfaat menggunakan digital marketing dan pembuatan akun media sosial.Â