Mohon tunggu...
Hapidin
Hapidin Mohon Tunggu... Dosen - Universitas Negeri Jakarta

Dr. Hapidin, M.Pd adalah dosen program studi PAUD program sarjana, magister dan juga dosen program Doktor PAUD Pascasarjana UNJ. Dr. Hapidin, M.Pd adalah dosen penggiat kurikulum pendidikan maritim, model pembelajaran proyek bermuatan konten L-STEAM dan Literasi Budaya Maritim pada anak usia dini.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Proyek Bermuatan Konten L-STEAM

29 Juli 2024   20:36 Diperbarui: 29 Juli 2024   20:38 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program Pendidikan dan Pelatihan di Kepulauan Seribu sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan PAUD yang terus dilakukan melalui beragam pelatihan dan workshop. Salah satu ide terbaru adalah pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran proyek bermuatan konten L-STEAM (Literacy, Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) bagi guru PAUD.

Pendekatan L-STEAM dalam pendidikan menggabungkan berbagai disiplin ilmu yang saling berkaitan untuk menciptakan pengalaman belajar yang holistik. Melalui L-STEAM, anak-anak diajak untuk berpikir kritis, kreatif dan kolaboratif.

Program Diklat peningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran proyek bermuatan L-STEAM bagi guru PAUD merupakan rangkaian program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang diselenggarakan oleh Dosen Program Studi PG-PAUD FIP Universitas Negeri Jakarta yang bertempat di satuan PAUD SPS Negeri Harapan Kelurahan pulau Harapan.

Dosen pelaksana kegiatan tersebut diantaranya Dr. Hapidin, M.Pd., Dra. Winda Gunarti, M.Pd. Kegiatan PKM ini diselenggarakan secara tatap muka di tempat tersebut pada tanggal 19 sampai dengan 22 Juni 2024. Diklat mengenai peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran proyek bermuatan L-STEAM bagi guru PAUD yang dilaksanakan oleh dosen PG-PAUD Universitas Negeri Jakarta dengan diketuai oleh Bapak Dr. Hapidin, M.Pd. selaku ketua tim dan dengan anggota Ibu Dra. Winda Gunarti, M.Pd. serta didukung oleh tim fasilitator yaitu Ranny Meliani, Salwa Hamidah, Sarah Ratna Dewi, Angelistyara Tetriana Putri, Bilkist Berliana, dan Siti Syarah Putri Rahmawullan yang merupakan mahasiswa PG-PAUD UNJ angkatan 2021.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Pengabdian kepada Masyarakat dari Dr. Hapidin, M.Pd sebagai dosen program studi PAUD program sarjana, magister dan juga dosen program Doktor PAUD Pascasarjana UNJ. Dr. Hapidin, M.Pd. adalah dosen penggiat kurikulum pendidikan maritim, model pembelajaran proyek bermuatan konten L-STEAM dan Literasi Budaya Maritim pada anak usia dini. Gerakan yang menjadi andalan adalah Gemari atau Generasi Maritim Indonesia yang difokuskan pada tujuan membangun literasi budaya maritim sejak usia dini yang siap menjadi generasi emas untuk mengembalikan bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim. Upaya ini sekaligus menjadi strategi yang fundamental untuk menjadi Indonesia sebagai poros maritim dunia. Setelah bersilaturahmi dengan Pak Lurah Pulau Harapan, hari pertama acara dilakukan dengan diskusi persiapan dengan Bu Chandra Okamsiati, S.Pd dan tim guru.  

Kegiatan Diklat tersebut ditujukan untuk para pendidik PAUD yang berada di Pulau Harapan dan Pulau Kelapa yang berasal dari lembaga-lembaga PAUD. Adapun nama lembaga-lembaga tersebut yaitu BKB PAUD Merah Putih, RA Miftahul Jannah, SPS Pulau Kelapa 02, SPSN BB Insan Utama, SPSN BB Rakit Tiang, SPSN BB Tunas Harapan, TKN Pulau Harapan 01, TKN Pulau Kelapa 01.

Diselenggarakannya kegiatan diklat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran proyek bermuatan L-STEAM bagi guru PAUD. Maka dari itu, rentetan materi diklat yang dilakukan mengacu pada tujuan tersebut.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Rangkaian kegiatan diklat dilakukan secara terstruktur, dimulai dari kegiatan pembukaan, kemudian pre-test untuk mengetahui pengetahuan awal peserta terkait materi diklat, kemudian melakukan paparan materi secara interaktif, lalu selanjutnya post-test untuk mengukur pemahaman peserta terkait materi yang dipaparkan. Setelah kegiatan diklat dilakukan maka dilanjutkan dengan kegiatan workshop berupa kegiatan diskusi dan simulasi dengan anak secara langsung. Kegiatan diakhiri dengan mereview hasil workshop dan recalling materi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun