Mohon tunggu...
Hany Kurnia
Hany Kurnia Mohon Tunggu... Guru - Saya adalah kepala Sekolah di TK PGRI Mojokerto. Saya senang dengan kegiatan belajar, menulis, wisata kuliner dan mendengarkan musik.

Menjangkau batas dunia dengan tulisan sederhana

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Modul 1.3 : Visi Guru Penggerak

6 Mei 2024   07:39 Diperbarui: 6 Mei 2024   20:04 337
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menulis jurnal refleksi (sumber : dokumen pribadi)

Seperti apa pengalaman mempelajari modul 1.3 ?

Jurnal ini disusun sebagai bahan refleksi atas pengalaman saya minggu ke 6 Pendidikan Guru Penggerak. Sebagai Calon Guru Penggerak, Saya diharuskan untuk mampu merefleksikan diri sehingga mendorong kemampuan saya dalam mengaitkan pemahaman saya terhadap teori dan praktik yang telah dilakukan. Serta untuk mengasah keterampilan dalam melakukan evaluasi pada sebuah topik secara kritis.

Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P):

Peristiwa

moment yang paling mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran modul 1.3 adalah ketika mempelajari tentang membuat visi bersama di ruang kolaborasi. Dengan kekompakan dari semua anggota, adanya perbedaan ide dan gagasan dalam membuat visi serta pernyataan prakarsa perubahan justru menjadi kekuatan sehingga diperoleh hasil rumusan isi yang sesuai dengan harapan. Setiap anggota menunjukkan rasa saling menghormati pendapat satu sama lain, semua berperan aktif dan saling melengkapi.

Kaitan antar modul yang saya pahami yaitu dengan menggunakan paradigma Iinkuiri Apresiatif BAGJA, pendidik memaksimalkan nilai dan peran yang dimiliki dalam merancang rencana tindakan perubahan yang berfokus pada kekuatan positif yang dimiliki sehingga tujuan dari visi sekolah yang telah dirumuskan berdasarkan filosofi Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila dapat tercapai.

Perasaan

Perasaan saya selama dan setelah mempelajari modul 1.3 sangat senang. Dengan mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak, saya menjadi lebih paham bagaimana cara merumuskan visi yang lebih baik, apa pentingnya merumuskan visi, dan bagaimana langkah dalam mewujudkan visi degan menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif BAGJA. Dan yang lebih membuat saya senang lagi adalah saya semakin menyadari bahwa saya berada didalam komunitas yang terdiri dari orang-orang yang luar biasa. Memiliki semangat tinggi dalam belajar, saling menghormati, tidak ada diskriminasi meski berbeda jenjang yang diampu,  saling mendukung, serta selalu kompak dalam menyelesaikan tugas bersama-sama.

Pembelajaran

Sebelum mempelajari modul 1.3 saya berpikir bahwa sebuah visi hanya sebuah pelengkap lembaga yang ditulis dan dipajang di ruang utama sekolah-sekolah. Tidak memahami arti penting adanya sebuah visi. Namun sekarang saya berpikir bahwa visi adalah ujung tertinggi dari cita-cita yang diimpikan. Yang di tuliskan menjadi sebuah kalimat yang mampu memotivasi bagi siapa saja yang membacanya. Dan saya lebih memahami bagaimana mewujudkan visi melalui paradigma Inkuiri Apresiatif yang digubah ke dalam BAGJA. Dan saya merasa perlu untuk berbagi pemahaman dengan rekan sejawat di Sekolah karena bagi saya hal ini juga sangat penting bagi setiap pendidik untuk mempelajarinya meski bukan Guru Penggerak.

Penerapan kedepan (rencana)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun