Mohon tunggu...
Hany Kurnia
Hany Kurnia Mohon Tunggu... Guru - Saya adalah Guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala Sekolah di TK PGRI Mojokerto. Saya menempuh pendidikan tingkat Sarjana di Universitas Terbuka dengan mengambil jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Kemudian pada tahun 2019 melanjutkan studi di UMS dengan jurusan Magister Psikologi. Saya sangat tertarik pada dunia menulis, wisata kuliner dan musik.

Menjangkau batas dunia dengan tulisan sederhana

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai dari Diri - Modul 1.3 : Merumuskan Visi Guru Penggerak

26 April 2024   05:15 Diperbarui: 28 April 2024   19:07 4788
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar : Dokumen pribadi

Visi adalah rangkaian kata berupa ide, gagasan, dan harapan untuk masa depan. Merumuskan visi bagaikan membayangkan sebuah lukisan yang lengkap diatas kanvas yang masih kosong. Berikut adalah tulisan singkat atas pemahaman saya terhadap visi yang dipelajari dalam pendidikan guru penggerak modul 1.3 (Mulai dari Diri) yang dibagi menjadi 3 refleksi mandiri hingga merumuskan sebuah visi.

Refleksi Mandiri 1

Imajinasiku tentang murid dimasa depan. Sebuah gambar tentang murid yang saya dambakan dalam waktu 5-10 tahun mendatang

Gambar : Dokumen Pribadi
Gambar : Dokumen Pribadi
 

Refleksi Mandiri 2

Melengkapi kalimat rumpang dengan sungguh-sungguh sepenuh hati dan pikiran, sehingga tersusun sebuah paragraf utuh yang dapat menggambarkan visi tentang murid dan sekolah yang diidam-idamkan.

  • Saya memimpikan murid-murid yang cerdas, kreatif, mandiri, nasionalis, toleran, peduli lingkungan, cinta damai dan bahagia
  • Saya percaya bahwa murid adalah generasi penerus yang memiliki masa depan gemilang yang harus dipersiapkan sejak dini sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing
  • Di sekolah, saya mengutamakan kebutuhan belajar murid berlandaskan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
  • Murid di sekolah saya sadar betul bahwa belajar bukanlah sebatas usaha pencapaian untuk mendapatkan penghargaan dari orang lain, melainkan belajar adalah menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap diri seseorang dalam setiap proses kehidupannya untuk menjadi manusia seutuhnya dengan pribadi yang mulia
  • Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk terus mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh setiap murid melalui pembelajaran yang berdifferensiasi
  • Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa kebutuhan setiap murid tidaklah sama. Setiap murid memiliki bakat dan minatnya masing-masing, sedangkan peran Guru adalah sebagai fasilitator yang menunjang kebutuhan belajar murid di Sekolah.


Refleksi Mandiri 3

Membuat sebuah formulasi VISI sebagai pendidik. Menjadikan kesempatan ini bermakna pribadi, bukan untuk sekedar memenuhi tagihan tugas di LMS. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan untuk kemudian dirumuskan dalam sebuah VISI. 

  • Apa makna pernyataan visi bagi Bapak/Ibu?

Jawab : Makna Visi bagi saya adalah sebuah ide, gagasan, cita-cita dan harapan pada dunia pendidikan yang menjadi tujuan saya dimasa depan 

  • Apa harapan, cita-cita Bapak/Ibu untuk murid, rekan pendidik, komunitas sekolah, kehidupan masyarakat di daerah Bapak/Ibu, dan bangsa-negara Indonesia?

Jawab : Harapan dan cita-cita saya adalah bersama rekan pendidik dan turut melibatkan semua elemen masyarakat mampu mewujudkan dunia pendidikan yang berpihak pada murid sehingga tercipta generasi emas penerus bangsa dan negara 

  • Apa yang selama ini jadi keyakinan bersama dan menyatukan sekolah kita?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun