Mohon tunggu...
Hany Jufri
Hany Jufri Mohon Tunggu... karyawan swasta -

LITERATURE ENTHUSIAST

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Mungkin Saya Bukan Tipe Pembaca Setia

3 Juni 2016   13:15 Diperbarui: 3 Juni 2016   13:19 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

kenapa? karena saya memiliki beberapa pengarang favorit dari berbagai genre novel. mulai dari klasik sampai fiksi dan sejarah. kalau kalian punya akun Goodreads, dont hesitate to add me ya, hany jufri.

untuk novel klasik, petinggi-petinggi pengarang mulai dari charles dickens, lalu charlote bronte, dan masih banyak deretan nama yang menjadi referensi literatur di Inggris, tapi favorit saya adalah Jane Austen. Jane Austen terkenal dari novel nya yaitu Pride and Prejudice. pertama kali yang membuat saya jatuh cinta ini ya dari novel PnP ini. kombinasi karakter benar-benar luar biasa terlihat dari percakapan yang terjadi diantara karakter di dalam novel. pride and prejudice sudah pernah difilmkan tahun 2007 dengan bintang utama adalah Keira Knightley sebagai Elizabeth Bennet. filmnya gak beda jauh dengan novelnya, keren dan bikin baper. maklum, JONES.

kalau di Indonesia, idola saya adalah Pak Pram. Pramoedya Ananta Toer. pertama kali baca bukunya itu karena lagi ngubek-ngubek lemari nenek, eh ada buku usang Judulnya Bumi Manusia. cover nya sudah lama sekali tapi masih terbungkus rapih dengan plastik. saya langsung baca dan langsung keasikan sendiri, saya ingat baca itu dalam waktu semalaman. karena memang ceritanya gak bikin bosan, dan literatur nya bagus sekali. mulai dari itu, saya selalu mengikuti buku-buku beliau karena sangat bagus semua rekomended lah.

selain Pak Pram sebenarnya ada lagi pengarang yang sama tua nya dengan Pak Pram, atau mungkin lebih tua, yaitu Multatuli yang tersohor judul bukunya Max Havelaar. cerita tentang penjajahan belanda dulu, tapi saya belum pernah baca karena belum pernah beli hehehe.

saya suka novel romance-teenlit-dewasa,dll. semua saya suka. kalau di Indonesia sih terkenal Ilana Tan ya, sampai dibuat tetralogy musim. pertama kali baca Ilana Tan pas SD. novel pertama dia, Autumn In Paris. covernya bikin merinding karena benar-benar mencerminkan suasana autumn. namanya juga anak kecil ya. dan saya menangis tersedu-sedu setelah membaca autumn in paris, makin ketagihan sama Ilana Tan, saya rekomendasikan novel ini ke temen-temen SMP dan saya koleksi novel tetralogy sampai novel terbarunya Under The Moonlight. pertanyaan saya yang belum pernah terjawab secara akurat adalah, Ilana Tan ini perempuan apa laki-laki ya? tinggal nya dimana? umur berapa? sudah punya keluarga belum? dapat inspirasi menulis darimana? dan kalau memang pengarang ini orang indonesia, kenapa hebat sekali ya menggambarkan suasana luar negeri? kenapa gak bikin setting di Jakarta aja? atau belahan Indonesia lainnya? hmmm.... anda bingung? saya juga..

singkat saja ya, saya suka Simamora dan mba Asma Nadia.

untuk luar negeri.... saya suka Meg Cabot, itutuh yang nulis cerita princess diary. saya suka Rainbow Rowell, yang nulis buku Eleanor and Park, terus saya suka John Green, dan Sylvia Day. nah, novel pengarangnya Day ini, dewasa. pertama kali beli saya tidak tahu bahwa ada lebel dewasa, ya yasudah sayang sayang tidak dibaca. novel nya Day ini udah banyak, tapi lagi on fire banget yang crossfire series. cerita tentang Eva Tramell dan Gideon Cross.

kalau fiksi, banyak banget. saya suka Dan Brown untuk list nomor satu. JENIUS NIH ORANG. katanya sih beliau ini ahli matematika, pantesan ya novel nya keren semua. doi pinter. kalau baca buku mr brown ini, pasti belagak jadi pinter hahaha karena itu yang saya alami. novel terakhir nya itu Inferno. sama tentang Profesor Langdon yang tiba-tiba bangun udah dirumah sakit dengan luka banyak dan amnesia 2 hari sebelumnya. jadi dia gaingat kejadian 2 hari sebelumnya. dan bangun bangun beliau ada di Venesia. hmm... saya mau tuh bangun bangun di Venesia hahaha. keren sih ceritanya, plot twist nya dapet banget. ciri khas nya mr brown ga hilang. TOP LAH. hehe

karena baca mr brown ini, saya jadi agak kurang tertarik dengan novel teenlit, rasanya ringan banget ga berasa baca buku. haha sombong...

saya suka Sibel Eraslan. pengarang Turk, ahli politik dan hukum. saya suka Khaled Khosseini. dan masih banyak lagi pengarang buku yang ada di rak buku saya. semoga menghibur dan bisa menjadi referensi kamu ya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun