Mohon tunggu...
Hanung Abdul Muqiit
Hanung Abdul Muqiit Mohon Tunggu... Seniman - Korean Drama and Javanese Culture Enthusiast

Penggemar drama korea dengan genre Komedi, Romansa, Slice Of Life dan Kehidupan Sekolah. Sekaligus pecinta budaya jawa: Wayang Kulit, Karawitan, Tari Jawa, dan lain sebagainya. Juga menggemari budaya pop lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Film

Inilah Cara Memikat Pria untuk Menjadi Fanboy Drakor

30 Desember 2020   14:48 Diperbarui: 14 Januari 2021   23:18 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://awsimages.detik.net.id/visual/2019/10/29/73030a6d-ebf3-431e-94ff-7554a9ae93e2_169.jpeg?w=650

Anda ingin membujuk seorang laki laki untuk menonton sebuah seri drama korea, namun tidak tau caranya?

Berikut pengalaman saya pribadi yang mulai menonton drakor sejak SD dan turut membimbing teman teman saya (Khususnya laki laki) untuk memulai menjadi fanboy drakor.

sebagai seorang penggila drakor, biasanya mereka akan berusaha membuat orang lain menonton drakor juga. namun kebanyakan cara dan pendekatan yang dilakukan sedikit brutal sehingga kurang mendapat antusiasme orang lain. 

saya mencoba menjelaskan pengalaman empirik saya dalam merayu teman teman saya untuk menonton drakor.

Teori teori ini tidak akan berlaku bagi semua laki laki, namun setidaknya kalau anda harus berusaha membujuk orang untuk menonton drakor, anda akan punya refrensi hal untuk dilakukan.

Oiya, dalam tips saya dibawah ini saya banyak menggunakan kata dengan tanda kutip, yang bagi anda pecinta drakor pasti paham maksud saya. Kalau masih belum paham bisa tinggalkan komentar di artikel ini ya!

Berikut cara memikat seorang pria untuk menjadi fanboy drakor.

  • Ini merupakan cara yang cukup lemah, namun pernah berhasil sekurang-kurangnya sekali. Yakni mengekspos drakor yang kita tonton melalui media sosial. Bisa lewat IG story, Twitter maupun status Whatsapp. Biasanya saya akan membuat story/status saat sudah menyelesaikan sebuah seri drakor. Saya sertakan sebuah gambar dari adegan yang menurut saya paling impresif dan membawa kesan kuat tentang drama tersebut. Misal, drama crash landing on you saya foto saat adegan kapten Ri berpisah di perbatasan korut korsel. Sebenarnya niat saya untuk membuat story/status adalah agar teman teman saya pecinta drakor yang lain bisa me-reply dan membahas bersama-sama tentang drakor tersebut. Tapi salah satu teman saya (yang bukan pecinta drakor) menjadi tertarik untuk menonton CLOY.
  • Rekomendasikan drama pertamanya dengan drakor yang memiliki karakteristik kuat dan kalau bisa yang Booming dan  banyak ditonton orang, seperti CLOY,DOTS, IOTBNO, dll. Usahakan drakor tersebut bisa meninggalkan kesan kuat yang membuat dia akan menyaksikan drakor dengan genre serupa.
  • Jika yang ingin anda "racuni" adalah teman dekat anda, maka anda perlu rekomendasikan drama yang genrenya sesuai dengan minatnya/genre yang dia sukai. Sebagai contoh, teman saya yang suka dengan adegan dewasa dan komedi saya sarankan untuk menonton What 's Wrong With Secretary Kim sebagai pemanasan. Meski belum terlalu 'panas' namun dia berhasil melanjutkan ke series lain dengan genre serupa.
  • Jangan paksa teman anda (untuk menonton drakor pertamanya) dengan genre yang terlalu "berat", seperti Sky Castle, The King Eternal Monarch, dll. Yang mungkin menurut anda bagus namun bagi orang lain (apalagi laki laki) cukup membutuhkan tenaga untuk memutar otak sepanjang perjalanan menikmati drakor. Buatlah dia menikmati drakor pertamanya dengan rilex dan nyaman. Meskipun ada juga teman saya yang cukup menikmati The King:Eternal Monarch karena dipaksa pacarnya he he.
  • Hindari merekomendasikan genre yang terlalu santai apabila teman laki laki anda suka dengan genre laga. Seperti Hospital Playlist, Reply 1988,dll. Karena kebanyakan teman laki laki saya yang saya rekomendasikan drakor seperti itu mengeluh bosan padahal masih di episode awal.
  • Hal yang menarik dan saya pelajari dari teman teman saya (dan mungkin anda juga mengalaminya) bahwa setelah menonton drakor pertamanya dia akan melanjutkan drama dengan pemain/aktor yang sama dengan drakor pertamanya. Sehingga usahakan drama yang anda rekomendasikan pertama untuknya diperankan oleh aktor aktor yang bagus. Apalagi untuk laki laki bisa anda sarankan dengan aktris yang rupawan dan masih muda.
  • Beberapa laki laki tidak berselera dengan drama yang menye-menye dan terlalu lebay dalam hal percintaan.
  • Cukup penting untuk membantu dia menjawab pertanyaan yang dia lontarkan saat menonton drakor, namun usahakan jangan sampai memberikan spoiler/bocoran.
  • Bagi penonton drakor pemula, mungkin masih belum paham sepenuhnya dengan budaya korea. Anda bisa bantu menjelaskan kepadanya secara sederhana. Contohnya saya menjelaskan bagaimana perbedaan penggunaan banmal dan bahasa formal di korea yang sistemnya seperti bahasa jawa ngoko dan krama di Jawa.atau mungkin budaya menuangkan soju seperti adat bertamu di Indonesia,dll.
  • Kebanyakan teman saya, butuh waktu untuk memutuskan menonton drama genre kerajaan-kerajaan seperti Scarlet Heart, Hwarang, dll. Jadi kalau dia belum mau menontonya jangan terlalu dipaksa.
  • Kebanyakan teman teman saya malas saat mendownload drakor, karena kuota dan kesibukannya. Jadi sering seringlah berbagi drakor ya hehe.
  • tak lupa juga untuk memberikan tips marathon drakor dan tips bila drakor yang ditonton adalah drakor on going. kedepan, akan saya buatkan artikel mengenai ini.

  • Cara yang paling efetif adalah mengajak menonton bersama. Cara ini berhasil memikat hampir satu kelas saya saat SMP. Karena kebetulan SMP saya siswa laki laki dan perempuan dipisah. Ceritanya, saat itu kelaskami sering jam kosong dan biasanya kami menyetel film yang tersimpan dalam flashdisk. Pada suatu kesempatan, tidak ada yang membawa flashdisk kecuali saya, dan tentu saja FD saya berisi drakor. Waktu itu School 2017. Dan karena tidak ada pilihan lain kecuali menontonya. Awalnya hanya ingin melihat satu episode namun akhirnya kebablasan sampai hari hari selanjutnya menamatkan 16 episode. Lalu setelah tamat saya bawakan How Are You School 2015 dan tamat lagi. Namun hal itu tidak berlanjut karena kami sudah persiapan UN. Tapi teman teman saya sudah terlanjur teracuni dan lanjut jadi fanboy drakor sampai sekarang.

Itu dia pengalaman saya dalam memikat teman teman saya untuk menonton drama korea. Jika anda punya pengalaman lain, bisa anda bagikan melalui kolom komentar di artikel ini ya!

Sekian tips dari saya. Thx!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun