Mohon tunggu...
Hanum Salwa salsabila
Hanum Salwa salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mendengarkan music,dan menonton film

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kemajuan dan Tantangan SDGs Menuju 2030 Membangun Pendidikan yang Berkualitas

22 Januari 2024   16:55 Diperbarui: 22 Januari 2024   17:15 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tantangan dan Kemajuan dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) menuju tahun 2030 di bidang Pendidikan merupakan isu penting yang sangat memerlukan perhatian serius dari berbagai pihak. SDGs (Sustainable Development Goals) dalam konteks kemajuan pendidikan menekankan pada tujuan untuk mencapai pendidikan yang berkualitas. 

Tujuan keempat dari SDGs (SDGs 4) memiliki target untuk memastikan pendidikan yang inklusif, bermutu, dan sepanjang hidup untuk semua. Berikut adalah beberapa tantangan yang dihadapi serta kemajuan yang telah dicapai hingga saat ini:

  • Aksesibilitas dan Kesetaraan: meskipun terdapat peningkatan akses ke pendidikan dasar, masih ada kelompok masyarakat tertentu yang kesulitan untuk mengakses pendidikan, seperti anak-anak dari keluarga miskin, anak perempuan, dan anak-anak di daerah terpencil.

  • Kualitas Pengajaran dan Pembelajaran: Peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran memerlukan guru yang berkualifikasi dan memiliki keterampilan yang memadai. Banyak negara menghadapi kekurangan guru yang berkualitas.

  • Ketidaksetaraan Gender: Meskipun sudah terdapat peningkatan kesetaraan gender di beberapa tempat tetapi masih saja ada ketidaksetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam hal akses, partisipasi, dan hasil pendidikan. Contohnya,Meskipun telah ada kemajuan, ketidaksetaraan gender masih menjadi isu dalam pendidikan. Anak perempuan masih menghadapi hambatan seperti pernikahan dini, kehamilan remaja, dan norma sosial yang membatasi akses mereka ke pendidikan. 

  • Pendanaan dan Investasi : Banyak negara, terutama di dunia berkembang, menghadapi kendala finansial dalam meningkatkan pendidikan. Kurangnya investasi dapat membatasi upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Dan masih banyak lagi  tantangan yang dihadapi dalam kemajuan pendidikan yang telah dicapai hingga saaat ini.

Berikut adalah Kemajuan dalam  Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) menuju tahun 2030 di bidang Pendidikan:

  • Peningkatan Akses Pendidikan: Banyak negara telah meningkatkan akses pendidikan dasar dan menengah, sehingga lebih banyak anak-anak dan remaja memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan. Program beasiswa dan insentif pendidikan telah membantu mengatasi hambatan finansial yang mungkin dihadapi oleh siswa.
  • Inovasi dalam Pengajaran dan Pembelajaran: Penerapan teknologi dalam pendidikan telah meningkat, membuka peluang baru untuk pengajaran dan pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan. Pengembangan metode pembelajaran inovatif dan kurikulum yang menanggapi kebutuhan masyarakat dan pasar kerja telah mendapat perhatian lebih.
  • Peningkatan Kualitas Pengajaran: Peningkatan pelatihan dan kualifikasi guru untuk memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memberikan pendidikan berkualitas. Fokus pada peningkatan standar pengajaran dan penilaian untuk memastikan pemahaman yang mendalam oleh siswa.
  • Kesetaraan Gender dan Inklusivitas: Langkah-langkah telah diambil untuk mengatasi kesenjangan gender di pendidikan dan memastikan akses yang setara bagi semua, tanpa diskriminasi. Inisiatif inklusivitas telah diperkuat untuk mendukung pendidikan bagi anak-anak dengan disabilitas dan kelompok rentan lainnya.
  • Pengembangan Keterampilan: Peningkatan fokus pada pengembangan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, termasuk keterampilan teknologi informasi dan komunikasi. Program pendidikan teknis dan kejuruan telah ditingkatkan untuk memenuhi permintaan industri.
  • Kemitraan untuk Pendidikan:Peningkatan kerjasama antara pemerintah, sektor swasta, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat sipil dalam mendukung inisiatif pendidikan. Investasi dan dukungan internasional yang lebih besar untuk memastikan negara-negara berkembang memiliki sumber daya yang cukup untuk meningkatkan sistem pendidikan mereka.

Sementara banyak kemajuan telah dicapai, tantangan yang ada menunjukkan bahwa masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan SDGS 4. Diperlukan komitmen bersama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat sipil, sektor swasta, dan lembaga internasional, untuk mencapai pendidikan yang berkualitas untuk semua pada atau sebelum tahun 2030.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun