Mohon tunggu...
Arsitektur dan Seni
Arsitektur dan Seni Mohon Tunggu... Administrasi - Arsitektur

Berita seputar Arsitektur dan Seni. // Arti dari Arsitektur: gabungan seni dan teknik baik makro maupun mikro. // Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut. (wikipedia) dan Seni (pada mulanya) adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. (wikipedia)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Arsitektur dan Seni

29 Februari 2016   13:26 Diperbarui: 29 Februari 2016   14:01 245
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Ilustrasi Arsitektur dan Seni - sumber gambar: hadiyanuariswanto.wordpress.com"][/caption]

Selamat siang kompasianers,

Account Arsitektur dan Seni ini dibentuk untuk membahas seputar arsitektur dan seni yang dikelola oleh saya (Hantus Tommy) sendiri. Account ini sebenarnya tidak sengaja terbentuk, pada saat perubahan sistem kompasiana versi lama ke versi terbaru (versi Beta) saya terlupa dengan alamat email mana saya pakai. Kebetulan saya punya alamat email baik untuk pribadi dan kantor. Selama perpindahan sistem selesai barulah saya dapat mengetahui alamat email yang mana digunakan untuk account di atas nama Hantus Tommy di kompasiana. Sempat saya biarkan cukup lama dan akhirnya pada tanggal 29 Januari 2016, saya bentuk dengan nama profil: Arsitektur dan Seni. Terbentuk account ini, agar saya dapat mengingatkan lagi ilmu yang pernah saya pelajari selama kuliah meskipun saya tetap menggunakan secara freeland diluar dari pekerjaan formal saya di bidang perbankan khususnya segmen mikro.

Kembali ke account ini, kita dapat melihat dari pengertian Arsitektur* menurut wikipedia adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Jadi Arsitektur merupakan perpaduan antara seni dan teknologi yang menghasilkan suatu desain baru dapat digunakan khalayak banyak, contohnya gedung bertingkat, rumah tinggal, ataupun suatu kawasan terpadu yang dapat memenuhi kebutuhan penghuni kawasan tersebut. Sehingga Arsitektur adalah bagian dari seni itu sendiri, dapat diistilahkan seni berbasis teknologi berupa rancang bangun atau seni bangunan.

Sedangkan arti seni menurut wikipedia, Seni (pada mulanya) adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Seni ini cukup luas, berdasarkan bentuk, seni dapat dikelompokkan kedalam media**:

1. Media pendengaran (audio art) misalnya: seni musik, seni suara, seni sastra puisi dan pantun;

2. Media penglihatan (visual art) misalnya: seni lukis, poster, seni bangunan (arsitektur), seni gerak, seni tari dan lainnya;

3. Media penglihatan dan pendengaran (audio visual art) misalnya: pertunjukan musik, pagelaran wayang, film.

Demikian penjelasan dari saya, kiranya account ini tidak hanya bermanfaat bagi saya pribadi saja namun dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Salam Hangat, 29 Pebruari 2016

Hantus Tommy

 

Sumber:

Ilustrasi

Arsitektur menurut wikipedia*

Seni menurut wikipedia**

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun