Mohon tunggu...
Hansbert Alexander John
Hansbert Alexander John Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru SD hobi olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Keaktivan Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

10 Januari 2024   20:50 Diperbarui: 10 Januari 2024   21:06 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran berbasis masalah (PBL) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk memahami konsep dan keterampilan dengan memecahkan masalah dunia nyata. Berikut beberapa cara meningkatkan keterlibatan siswa dengan menggunakan model PBL:

1. Pilih permasalahan yang menarik dan relevan
Pilih permasalahan atau tantangan yang berkaitan dengan kehidupan siswa sehari-hari.
Pastikan masalahnya menarik dan mendorong siswa untuk menyelidiki lebih lanjut.

2. Memberikan konteks yang jelas
Memberikan konteks yang jelas dan komprehensif mengenai permasalahan yang dipermasalahkan.
Pastikan siswa memahami dampak dan pentingnya pemecahan masalah.

3. Tim Kolaborasi
Membentuk tim kolaboratif. PBL dapat melibatkan kerja sama dalam kelompok untuk memecahkan masalah.
Kolaborasi membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial, komunikasi dan kepemimpinan.

4. Bimbingan Guru
Memberikan bimbingan dan dukungan yang memadai. Guru berperan sebagai instruktur yang membimbing siswa dalam memecahkan masalah.
Mendukung diskusi, bertanya dan refleksi untuk membimbing siswa dalam belajar.

5. Penilaian Formatif
Gunakan penilaian formatif secara teratur untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa.
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pemahamannya dan melakukan koreksi.

6. Sumber daya yang tersedia
Pastikan siswa memiliki akses terhadap sumber daya yang mereka perlukan untuk meneliti dan memecahkan masalah.
Mendukung pemanfaatan teknologi dan perpustakaan sebagai sumber informasi.

7. Presentasi dan Diskusi
Minta siswa untuk mempresentasikan solusi atau hasilnya di depan kelas.
Menyelenggarakan sesi diskusi untuk memfasilitasi pertukaran ide dan pemahaman.

8. Refleksi Pribadi
Mendorong siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar mereka.
Pertanyaan reflektif dapat membantu siswa memahami proses pembelajarannya dan merencanakan langkah selanjutnya.

9. Pilihan tugas.
Libatkan siswa dalam berbagai pemecahan masalah untuk mendorong pemikiran kritis dan kreatif.
Permasalahan yang berbeda dapat memicu perbedaan minat dan motivasi pada siswa.

10. Fleksibilitas dan Kemampuan Beradaptasi
Fleksibel untuk menyesuaikan pendekatan PBL dengan kebutuhan siswa dan dinamika kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun