Mohon tunggu...
HAN Prihantoro
HAN Prihantoro Mohon Tunggu... karyawan swasta -

huma akasia resident, lulusan espana ust, karyawan swasta, pengamat otomotif domestik dan international dan maunya nulis ttg otomotif juga, walau suka ngomentarin tulisan2 temen yg nulis ttg macam2 hal dgn tujuan feedback & memberikan opini buat syukur2 bisa untuk kebaikan banyak orang

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Laris Manis MPV/SUV Modifikasi dari Mobil Angkutan

26 Januari 2012   03:29 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:26 237
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya yakin anda2 semua sangat kenal kendaraan Kijang maupun Panther, kedua produk ini sudah malang melintang di bumi nusantara dan sekarang juga sudah menjajah lahan Internasional: Malaysia, Philippines, Taiwan, India, Thailand, dan beberapa negara lainnya. Dan tahu kah anda bila kedua mobil ini adalah mobil yg lahir oleh dan untuk Indonesia. Yes, semua permodalan persiapan produksi dan tidak tertutup kemungkinan design nya sebagian besar oleh karyawan2 sebuah group industri otomotif besar Indonesia : ASTRA. Saya tidak tahu apakah ini hasil riset yg jitu atau tak ada lawan yg berarti ataupun ini hanya uji coba yg ternyata sukses besar oleh group ASTRA untuk memperkenalkan sebuah kendaraan keluarga yg lahir dari kendaraan niaga/ angkutan alias juga kendaraan pickup/ bak terbuka. Kedua kendaraan ini mulai dijual dalam bentuk pickup, yg kemudian dikembangkan menjadi wagon: short chassis dan kemudian long chassis. Oleh karena sifat orang Indonesia yg selalu mau ngumpul keluarga terdekatnya kendaraan yg bisa memuat 7 orang ( standard pabriknya ) bisa laris manis terjual sudah ratusan ribu atau malah sudah lewat 1 juta unit terjual sejak diperkenalkan akhir thn 70an untuk Kijang dan awal thn 90 an untuk Panther. Pernah ada lawan lumayan tangguh tapi putus asa ditengah jalan, yaitu Kuda. Saya sangat kecewa ada APM yg bertindak seperti itu memutuskan produksi dan penjualan setelah banyak orang mulai banyak mengoleksinya. Untuk jaman sekarang tipe2 lainnya yg berevolusi dari kendaraan pickup juga menuai sukses di Indonesia adalah : Fortuner bentuk pickup double cabin-nya Hilux, Pajero sport bentuk kendaraan pickup-nya Strada-triton, dan Everest yg berasal dari pickupnya Ranger. Tapi kali ini pengembangnya bukan asli Indonesia, setahu saya awal muncul Fortuner itu di Australia, Everest di Thailand. Kisah sukses pengembangan mobil di Indonesia dibuat contoh kasus sukses buat orang diluar sana. Selanjutnay saya dengar Chevy juga akan punya duo pickup & wagon: Orlando untuk pickup dan TrailBlazer buat wagonnya, isunya akan segera mencari penggemar di bumi pertiwi ini. Tapi mengapa Nissan Navara pickup double cabin yg sudah dijual di sini belum menampakan versi wagonnya? Juga wagonnya Isuzu D-Max yg beberapa kali terlihat di sekitar sunter yaitu: MU7 belum menjual resmi kendaraan itu untuk market Indonesia? Peruntukan kendaraan yg bisa meladeni medan jalanan Indonesia pastinya dibutuhkan kendaraan2 spt itu, tidak usah keluar daerah, untuk warga ibukota saja sangat penting untuk punya kendaraan seperti itu, agar ketar ketir banjir jakarta bisa ditembus tanpa merusak parah city2 car yg biasa dikendara warga ibukota.

1327548487222074494
1327548487222074494
Bagaimana Agen Pemegang Merek? kurang apa lagi untuk merebut pasar Indonesia yg mudah latah untuk mencicipi kecanggihan design dan teknologi mobil2 baru. Silahkan perang model2 baru dan harga, kita customer nungguin banget: nungguin yg bagus modelnya after servisnya dan harganya terjangkau pastinya .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun