Mohon tunggu...
Hanny Sudarsono
Hanny Sudarsono Mohon Tunggu... -

I am a trainer and freelance writer

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Facebook, Twitter, Memberikan Konsep Marketing yang Baru

22 April 2010   12:47 Diperbarui: 26 Juni 2015   16:38 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

[caption id="attachment_124453" align="alignleft" width="300" caption="Facebook/Admin (faebook.com)"][/caption] “Hari begini… masak gak punya Facebook?” Statement ini sepertinya menjadi fenomena yang menjadi gambaran dari gaya hidup masyarakat masa kini. Tidak hanya Facebook, tetapi juga situs jaringan sosial lainnya seperti Twitter menjadi fenomena baru akan situs dunia online yang melanda masyarakat dari berbagai latar belakang usia, sosial maupun pendidikan. Demam Facebook benar-benar mampu mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia dan tingkat dunia dalam memasuki dunia online. Facebook adalah salah satu dari situs jaringan sosial yang harus kita sadari sebagai suatu alat potensial untuk melakukan berbagai hal yang bermanfaat. Ubahlah Gaya Hidup Bergaul Anda Dalam Situs Jaringan Sosial Beberapa perusahaan telah memblokir akses karyawannya dari Facebook dalam jam kantor karena dianggap telah merugikan perusahaan dengan menghabiskan waktu begitu banyak di Facebook dan mengurangi produktivitas mereka. Namun perusahaan-perusahaan yang bijak justru mengharuskan karyawan-karyawannya menggunakan Facebook untuk meningkatkan promosi online bagi perusaaan mereka. Menurut penulis hal ini memang harus disadari benar bahwa kekuatan dari Situs Jaringan Sosial sangatlah besar. Jika pengguna mampu menggunakannya untuk menggerakkan keramaian para netters di dunia online menemukan produk-produk yang hendak ia promosikan atau pemikiran-pemikiran yang hendak ia sampaikan dalam web yang ia promosikan dalam situs jaringan sosial, betapa banyak keuntungan yang bisa didapat. Adalah sangat penting untuk mengubah gaya Anda sebagai seorang Facebooker atau member dari situs jaringan sosial lainnya. Jika Anda memilih menjadi seorang pengguna situs jaringan sosial hanya untuk bersenang-senang saja, maka Anda tidak memperoleh manfaat-manfaat besar yang tersimpan di dalamnya. Sudah saatnya Anda menyadari potensi besar yang terletak dalam situs jaringan sosial dan menggunakannya untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Gaya hidup seperti apakah yang harus Anda kembangkan bila Anda mengikuti situs jaringan sosial tertentu? 1. Pastikan Anda memiliki sebanyak-banyaknya teman (friends di Facebook, maupun followers di Twitter), tentunya dalam hal ini Anda harus melakukan seleksi /pengelompokan, sehingga Anda memperoleh target market yang tepat 2. Pastikan Anda mengikuti situs yang memiliki jumlah member yang besar 3. Pastikan Anda hanya menggunakan situs tersebut untuk kepentingan promosi online Anda, dan bukan untuk kepentingan pribadi yang hanya sekedar menghabiskan waktu untuk aktivitas pribadi. 4. Pelajarilah dan kuasailah semua fitur dan kelebihan situs tersebut untuk memperoleh cara/strategi baru dalam berpromosi Sekilas Tentang Situs Jaringan Sosial Situs jaringan sosial adalah tempat berkumpulnya para netters dari berbagai tempat/penjuru yang memiliki minat yang sama dan saling berbagi pemikiran, pendapat, dan komentar. Di dalamnya termasuk situs-situs seperti MySpace, Gather, Facebook, Twitter, BlackPlanet, LinkedIn, dan masih ada ratusan bahkan ribuan jaringan lagi lainnya. Situs ini juga termasuk web-web seperti Amazon, Netflic, dan eBay. Termasuk juga situs-situs raksasa seperti IBM, Best Buy, Cisco dan Oracle. Web sosial adalah suatu dunia dari media tanpa berbayar yang diciptakan oleh individu atau perusahaan-perusahaan web. Luar biasanya, bentuk strategi baru ini memiliki kemampuan mengubah opini masyarakat setiap jam –bahkan bisa saja setiap menit – termasuk di dalamnya : para pencaplok yang terkenal, yaitu Search Engine seperti Google, Yahoo!, Ask, dan Live. Search engine besar mengumpulkan situs-situs dengan produk atau service terbaik yang ditawarkan dan biasanya meletakkan hal berdasar urutan reputasi. Blog-blog juga adalah jurnal-jurnal online dimana orang bisa memposting ide, gambar dan link-link ke halaman web atau situs lainnya. Jangan lupakan juga situs-situs jaringan sosial lainnya seperti iVilage, Xanga dan Stumbleupon, atau Dopplr, situs yang menarik bagi para pebisnis yang berbagi pengalaman tentang hotel-hotel asing, restoran, dan berbagai atraksi. Beberapa situs lainnya diarahkan khusus pada berbagi gambar. Atau situs You Tube (yang sekarang dimiliki Google) melayani lebih dari 10 milyar video per bulan di Amerika hanya bagi penonton di Amerika saja. Atau foto dan video yang diposting di Flickr (sekarang dimiliki Yahoo) menarik lebih dari 40 juta pengunjung tiap bulannya. Memilih Jaringan Sosial Yang Paling Potensial Dari sekian banyak jaringan sosial di dunia online yang tersedia, Anda perlu menentukan pilihan. Untuk melakukan suatu promosi/marketing, maka ada baiknya Anda pelajari terlebih dahulu kelebihan/karakteristik masing-masing situs. Facebook atau Twitter bisa menjadi pilihan yang tepat karena keduanya saat ini merupakan situs yang sangat digemari hampir di seluruh dunia. Kembangkan keahlian Anda juga dalam desain, fotografi maupun shooting video, karena memiliki keahlian demikian akan memampukan Anda menyiapkan berbagai gambar menarik untuk Anda posting di You Tube atau Flickr karena foto-foto yang menarik adalah sarana potensial untuk mendatangkan pengunjung. Di situs jaringan sosial ini sangatlah penting untuk memilki website atau blog untuk Anda promosikan selain website utama perusahaan Anda. Tidak ada situs yang paling baik atau unggul, setiap situs memiliki kelebihan dan keunggulannya sendiri. Yang terpenting adalah Anda mampu menggunakan situs tersebut dengan karakteristiknya untuk mengumpulkan pengunjung mendatangi web Anda. Sebuah Konsep Marketing Yang Baru Situs Jaringan Sosial menciptakan mindset marketing yang baru. Perubahan mendasar yang didapat dari dunia jaringan sosial online adalah dibangunnya suatu interaksi dengan konsumen, hal ini memungkinkan adanya komunikasi dua arah. Selama ini marketing konvensional berbicara mengenai promosi satu arah, yang dilakukan pada penerbit-penerbit tradisional, atau media korporat yang dikontrol seperti surat kabar, majalah, radio dan televise. Dalam promosi ini si pembaca atau konsumen tidak dapat memberikan masukan/respon atas promosi yang kita lakukan. Namun media sosial seperti blog, dan situs sosial lainnya, memungkinkan setiap orang mem-publish dan berpartisipasi dalam pembicaraan multithread secara online. Mindset nya telah berubah, dahulu brand adalah yang paling utama dan harus diabadikan sedemikian rupa, namun marketing secara online akan berpusat pada konsumen, dan hal ini membuat brand juga ditentukan oleh dialog yang diperoleh dari konsumen. Semakin kuat dialog, maka semakin kuat brand yang Anda coba bangun. Memang inilah hal penting dari marketing secara online, yaitu adanya kesempatan untuk berinteraksi dengan pengunjung dan memperoleh masukan dari mereka. Sehingga Anda bisa melakukan riset pasar/segmentasi atas apa masyarakat rasakan, pikirkan dan lakukan. Hal ini berbicara juga mengenai tingkah laku dan minat mereka. Tujuan Anda adalah mengidentifikasi kelompok-kelompok di dalam pasar yang lebih luas yang dapat Anda capai dan raih melalui marketing online . Sekali Anda temukan apa yang menggerakkan konsumen maka Anda langsung bisa mentargetkan mereka melalui berbagai aktivitas marketing yang bermakna bagi mereka. Marketing konsep baru ini menciptakan platform interaktivitas yang sejati. Menambahkan dimensi komunikasi adalah hal yang menjadi tujuan utama, sehingga pada akhirnya Anda dapat mengumpulkan para konsumen yang menyukai situs Anda. Website yang bagus akan mengkombinasikan cara professional dengan konten yang diarahkan oleh para konsumen potensial. Konten dengan melibatkan foto dan film masih menjadi kegemaran para konsumen. Konsep viral juga sangat mungkin diraih melalui pemanfaatan situs jaringan sosial. Konten yang menarik akan membuat para pengunjung mengirimkannya lagi ke jaringan/kelompoknya. Konten yang dicari orang biasanya yang memberikan manfaat bagi mereka, misalnya konten mengenai bagaimana menurunkan kolesterol dan meningkatkan kualitas hidup, atau konten yang jenaka dan lainnya. Video dan gambar yang menarik juga sangat potensial untuk digunakan dalam efek viral. Pastikan juga konten ini sesuai dengan brand kita. Inti dari konsep yang baru ini adalah bukan lagi kita yang menentukan konten dan produk, tetapi semua ditentukan dari sisi konsumen, “let the users decide!” Semua ini hanya dapat diperoleh melalui komunikasi dan interaksi yang berlangsung dengan konsumen melalui berbagai media sosial. Tidak hanya itu, dengan web sosial, informasi seharusnya tersedia atas dasar permintaan melalui kata kunci, kapan dan bagaimana user menginginkannya. Dengan kata lain, web sosial adalah sarana tepat bagi Anda untuk menjalankan marketing sesuai dengan jaman dan trend yang sedang berlangsung saat ini. Masih berpikir web sosial hanya menjadi sumber hal-hal negatif? Jika demikian, gantikanlah pemikiran ini dengan satu tindakan positif untuk memaksimalkan web sosial bagi kesuksesan bisnis Anda. Artikel ini saya tulis dan telah dipublished di www.ictfiles.com, silahkan baca DI SINI

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun