Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan adalah aktivitas pembelajaran yang dilakukan mahasiswa secara kolaboratif dengan guru, tutor, fasilitator, maupun orang tua di berbagai satuan pendidikan dalam subsistem pendidikan formal, non formal, dan informal. Asistensi Mengajar (AM) ini merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan selama satu semester dan setara dengan 20 sks mata kuliah yang nantinya akan dikonversiakan kepada mata kuliah terpilih yang relevan dengan kegiatan AM selama di sekolah. Pada tahun pelajaran 2022/2023 ini Universitas Negeri Malang menyelenggarakan program Asistensi Mengajar yang berkolaborasi dengan berbagai mitra sekolah. Sebelum pelaksanaan kegiatan AM ini, mahasiswa diberi arahan oleh LP3 dan mahasiswa bebas memilih sekolah mitra yang ingin dituju.
SDN Sawojajar 3 Malang ini merupakan instansi pendidikan terakreditasi A yang berlokasi di Jl. Dirgantara No 1 Kelurahan Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang. Sebelum mahasiswa melaksanakan kegiatan AM, ada beberapa agenda yang harus dilalui oleh mahasiswa yakni kegiatan observasi. Tim kami telah melakukan beberapa kali kegiatan diskusi dan observasi sekolah pada Bulan Januari. Tepat tanggal 6 Februari, kegiatan dimulai dan mahasiswa diantarkan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ke lokasi sekolah mitra. Pihak sekolah menerima mahasiswa AM dengan baik dan ramah sehingga mahasiswa meranya nyaman berada di sekolah.
Hal yang unik bagi mahasiswa Administrasi Pendidikan dalam kegiatan Asistensi Mengajar ini, mahasiswa tidak mengajar di dalam kelas, namun mahasiswa tetap melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan proses belajar dan mengajar. Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa AP di sekolah mencakup berbagai bidang, diantaranya bidang akademik dan supervisi, non akademik, administrasi sekolah dan publikasi. Pada bidang akademik, mahasiswa AP melaksanakan kegiatan digitalisasi media pembelajaran yang hasilnya dapat diterapkan untuk kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga kegiatan belajar mengajar akan terasa lebih menyenangkan bagi peserta didik.
Selanjutnya, ada program gabungan yang dilakukan oleh tim AM dari departemen AP dan PGSD yakni sosialisasi pencegahan bullying yang mengundang pemateri dari Peer Counseling Center (PCC) Universitas Negeri Malang. Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan seluruh peserta didik akan lebih memahami tentang bullying dan mampu menerapkan gerakan anti bullying dalam kegiatan sehari hari hari. Meskipun kegiatan ini sangat menguras tenaga, karena kegiatan ini yang mengawali kegiatan mahasiswa AM di sekolah, namun kami cukup puas karena kegiatan berjalan cukup lancar.
Kegiatan akademik lainnya berhubungan dengan Kepemimpinan Pembelajaran. Mahasiswa AP melaksanakan workshop peningkatan kemampuan guru yakni, kegiatan Seminar Penulisan Artikel Ilmiah dengan tema "Meningkatkan Skill Kemampuan Kepenulisan Guru Sebagai Wujud Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan". Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2023 sekaligus menjadi kegiatan yang kami laksanakan sebagai peringatan Hari Pendidikan Nasional. Kegiatan diikuti oleh guru - guru SDN Sawojajar 3 Malang dengan pemateri  Bapak Dr. Raden Bambang Sumarsono, S.Pd, M.Pd, CRA. Beliau tidak hanya menyampaikan materi terkait pembuatan artikel ilmiah saja, namun beliau juga menjelaskan beberapa materi Pendidikan Profesi Guru (PPG). Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan berkesan untuk saya pribadi, karena ini pertama kalinya saya menjadi ketua pelaksana kegiatan. Selanjutnya, untuk bidang supervisi. Kami membantu kepala sekolah untuk membuat instrumen supervisi pembelajaran yang hasilnya diterima dengan baik oleh kepala sekolah.
Kemudian di bidang non akademik, beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa AP diantaranya, kegiatan Manajemen Perpustakaan Sekolah. Kami melaksanakan kegiatan ini dengan membuat katalogisasi dan klasifikasi bahan pustaka, melakukan penataan perpustakaan dan juga melakukan pelayanan peminjaman dan pengembalian buku. Kegiatan Manajemen Perpustakaan Sekolah ini merupakan kegiatan yang memakan waktu cukup lama yakni mencapai sekitar 3 minggu kerja, karena perpustakaan SDN Sawojajar 3 memiliki koleksi bahan pustaka yang lumayan banyak. Dalam katalogisasi dan klasifikasi bahan pustaka ini, kami melakukan penomoran dan pelabelan buku yang berpedoman pada aplikasi perpustakaan digital atau yang disebut dengan E-DDC. Bahan pustaka digolongkan menurut jenis genrenya, sehingga akan mempermudah dalam penataan buku dan juga pengecekan bahan pustaka.
Kami juga melaksanakan kegiatan literasi di kelas 2, 3, 4, dan kelas 5. Tidak hanya menerapkan kebiasaan membaca bagi peserta didik, dalam kegiatan literasi ini kami juga melatih kemampuan berekspresi peserta didik. Selain membaca, peserta didik menuliskan ringkasan ulang dari buku yang telah mereka baca, kemudian peserta didik dapat menceritakan kepada teman - temannya apa hasil dari yang telah mereka baca. Hal ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian peserta didik menyampaikan opininya dan juga membuat kegiatan literasi terasa lebih menyenangkan.
Kemudian, kegiatan selanjutnya adalah Manajemen Layanan Khusus Laboratorium. Mahasiswa AP melaksanakan kebun percobaan berupa kegiatan pembibitan dan penanaman tanaman terong yang dilaksanakan sebagai pendampingan kegiatan pembelajaran kelas 5 dan kelas 3. Kegiatan ini disinkronisasikan dengan mata pelajaran IPA dan tematik yang sudah dikonsultasikan dan relevan dengan pembelajaran sesuai kelas yang dipilih. Kegiatan ini terlaksana dengan baik dan peserta didik pun antusias dalam mengikutinya karena mereka dapat sekaligus bermain dan belajar bersama terkait pembibitan dan menanam tanaman.