Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode  Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran.
Guru BK dapat memberi motivasi dalam pelaksanaan layanan untuk menumbuhkan bakat dan minat serta kemampuan yang sesuai dengan passion peserta didik. Anggota kelompok juga dapat saling berinteraksi, bebas mengeluarkan pendapat, menanggapi, memberi saran dan lain sebagainya. Hal yang telah dibahas dapat bermanfaat untuk peserta didik yang bersangkutan dan peserta lainnya. Konseling Kelompok dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2023 dengan peserta didik kelas XI IPA 1.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah layanan konseling kelompok adalah terdapat sebagian besar peserta didik memiliki hambatan, hal tersebut ditunjukan dari hasil AKPD (Angket Kebutuhan Peserta Didik) yang paling banyak permasalah  pada bidang Karir yang dipilih oleh peserta didik.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah layanan konseling kelompok adalah terdapat beberapa peserta didik yang merasa kesulitan untuk diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan menentukan jurusan yang sesuai dengan keinginan diri sendiri dan orangtua.
Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah perlu membangun kepercayaan antar anggota kelompok untuk saling terbuka dan informasi mengenai Perguruan Tinggi yang peserta didik miliki masih terbatas.
Adapun pihak yang terlibat agar tujuan tercapai adalah: Guru BK, Peserta didik, Wali kelas, Guru Mata Pelajaran, dan Kepala sekolah sebagai penanggung jawab.
    Dalam pelaksanaan layanan Konseling kelompok langkah yang dilakukan adalah guru BK membangun kepercayaan dari setiap anggota kelompok agar setiap anggota. Kelompok dapat menyampaikan permasalahan yang dialami tanpa ragu. Adapun strategi yang dilakukan adalah memberi kesempatan kepada setiap peserta didik untuk menyampaikan rasa syukur melalui ucapan terima kasih terhadap orang-orang yang paling berharga dalam hidupnya, hal tersebut bertujuan agar setiap anggota kelompok semakin mengenal antara satu dengan yang lain.
Refleksi hasil dan Dampak dari layanan Konseling Kelompok
Dampak dari langkah-langkah yang dilakukan adalah Anggota kelompok dapat terbuka dengan masalah yang dia alami. Sehingga siswa sebagai anggota kelompok dapa merasa lebih lega karena dapat bercerita. Dan anggota kelompok mendapatkan strategi untuk mengatas kejenuhan dalam belajar.
Hasilnya cukup efektif, Peserta didik dapat memiliki wadah untuk menceritakan masalahnya dan juga mendapatkan support dari teman-temannya serta dar guru BK.
Respon orang lain terkait strategi yang dilakukan sangat positif dan rekan sangat mendukung layanan konseling kelompok di sekolah.